Peresmian Prasasti Dana Abadi ITS, Simbol Keabadian Amal Alumni

oleh : -
Peresmian Prasasti Dana Abadi ITS, Simbol Keabadian Amal Alumni
Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA Bersama Pimpinan ITS, Alumni dan Panitia foto bersama di sisi kiri fasade depan Gedung Rektorat usai meresmikan Prasasti Dana Abadi ITS 2022

Surabaya (JatimUPdate.id) -Peresmian Prasasti Dana Abadi ITS, Simbol Keabadian Amal Alumni. ITS resmikan Prasasti Dana Abadi pertama di Gedung Rektorat, bersamaan dengan peringatan Dies Natalis ITS ke-62, Kamis (10/11).

Peresmian Prasasti Kontributor Dana Abadi ITS ini menandakan dimulainya Program Prasasti Dana Abadi di lingkungan Kampus ITS tercinta, sejak 10 Nopember 2022, dan akan berlangsung secara terus-menerus dari tahun ke tahun, sehingga setiap alumni berkesempatan melukiskan atau mengabadikan namanya yang terpatri pada prasasti dana abadi ITS.

Prasasti Dana Abadi ITS dapat dijadikan simbol keabadian dari kegiatan amal (charity), karena nilai pokok donasi tetap bahkan bertambah, dan hanya hasilnya yang dimanfaatkan untuk kemaslahatan, sebagaimana prinsip wakaf, yang pahalanya akan mengalir terus.

Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA ketua majelis wali amanat ITS dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dalam dies natalis kali ini, ITS ingin mendeklarasikan dana abadi, nama lainnya endowment fund, dan nama lainnya lagi wakaf. "Dimensi keabadian wakaf bukan hanya sampai kita meninggal, melainkan abadi sampai di akhirat,” terang ProfDr. Ir. Mohammad Nuh, DEA

Bambang Pramujati, S.T., M.Sc.Eng., Ph.D, Wakil Rektor Bidang IV ITS menyampaikan bahwa saat ini telah terukir dan terpasang 90 Nama Prasasti Dana Abadi, yang terdiri dari: 63 Prasasti Personal, dan 12 Prasasti Korporat dan 15 Prasasti Komunitas di fasade depan Gedung Rektorat. Para Kontributor berasal dari Para Alumni ITS, Masyarakat, Orang Tua Mahasiswa, Perusahaan, ataupun pihak lainnya.

Saat ini, total donasi dan/atau wakaf uang yang terkumpul melalui Program Prasasti Dana Abadi ITS mencapai sekitar Rp 6 Miliar. Sedangkan akumulasi donasi dana abadi ITS yang terkumpul dari berbagai program sampai hari ini mencapai hampir Rp 55 miliar, dan hasil pengembangan Rp 3 Miliar.

Pemanfaatan hasil pengelolaan Dana Abadi ITS sudah direalisasikan sejak Dies Natalis tahun 2021. Pada Dies Natalis ITS ke-61, ITS sudah menyalurkan Beasiswa Dana Abadi untuk 61 Mahasiswa, sebesar Rp 196.500.000,--. Lalu, pada Dies Natalis ITS ke-62 tahun 2022 ini, ITS salurkan Beasiswa Dana Abadi untuk 62 Mahasiswa, sebesar Rp 204.000.000,-.

Pada kesempatan peresmian juga ada penyerahan donasi dana abadi yang terkini dari Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke Pimpinan ITS. Penyerahan simbolik donasi dari DWP ke Dana Abadi ITS disampaikan oleh Ibu Rosi Indarjani, Ketua DWP kepada Bambang Pramujati, S.T., M.Sc.Eng., Ph.D, Wakil Rektor Bidang IV ITS. (yah)

Dari kiri ke kanan: Prof. Dr. Ir. Mohammad NUH, DEA (Ketua MWA); Bambang Pramujati, S.T., M.Sc.Eng., Ph.D (Wakil Rektor IV); Ibu Rosi Indarjani (Ketua DWP); Prof. Dr. Syafsir Akhlus, MSc. (Ketua SA)Dari kiri ke kanan: Prof. Dr. Ir. Mohammad NUH, DEA (Ketua MWA); Bambang Pramujati, S.T., M.Sc.Eng., Ph.D (Wakil Rektor IV); Ibu Rosi Indarjani (Ketua DWP); Prof. Dr. Syafsir Akhlus, MSc. (Ketua SA)