Sejarah Perang Melawan Penyakit Malaria, Lahirkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional

oleh : -
Sejarah Perang Melawan Penyakit Malaria, Lahirkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional
Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November tiap tahunnya.

Surabaya (JatimUPdate.id) -Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November tiap tahunnya. Pada tahun 2022 ini, Hari Kesehatan Nasional memasuki peringatan yang ke-58. Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini bisa menjadi momentum untuk membangun kesadaran dan komitmen  masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Menurut Gubernur Khofifah Sejarah Hari Kesehatan Nasional tidak lepas dari Sejarah Perang Melawan Penyakit Malaria. Dimana pada era tahun 50-an, penyakit malaria menjadi wabah penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Ratusan ribu jiwa meninggal akibat penyakit tersebut. Karena itulah pemerintah berusaha melakukan pemberantasan malaria (Malaria eradication) di seluruh wilayah Indonesia. melalui Dinas Pembasmian Malaria untuk menjalankan program tersebut.

Lima tahun program pemberantasan malaria itu pada akhirnya berhasil. Sebanyak 63 juta penduduk Indonesia telah terlindung dari penyakit malaria. Keberhasilan pemberantasan malaria pada tanggal 12 November 1964 tersebut kemudian diperingati sebagai HKN.

"Kalau dulu kita berhasil mengeradikasi malaria, semoga kali ini kita juga berhasil menghadapi penyakit di era modern ini seperti pandemi COVID-19, Gagal Ginjal Akut pada Anak maupun penyakit degeneratif lainnya akibat perubahan gaya hidup seperti penyakit jantung, kanker dan stroke" Ujar Khofifah (yah)