Ketua PWI Jatim

SKK Migas Percepat Cetak Wartawan Profesional dan Kompetensi

oleh : -
SKK Migas Percepat Cetak Wartawan Profesional dan Kompetensi

Surabaya (JatimUPdate.id)- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Lutfil Hakim, menegaskan bahwa Satuan Kerja Khusus Pelaksanan Kegiatan Minyak dan Gas (SKK Migas) Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) merupakan salah satu pemacu percepatan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartwan (UKW) di Jawa Timur.

“ SKK Migas Jabanusa merupakan instansi yang memacu pelaksanaan UKW di Jawa Timur. Hal ini terbukti sudah puluhan kali men-support PWI Jatim dalam pelaksanaan UKW. Ini artinya, SKK Migas benar benar berkeinginan membantu pembentukan insan pers yang profesional dan kompeten,” ujar Lutfil di sela sela pelaksanaan UKW PWI Jatim angkatan ke 46 di Balai Wartawan A Azis, Surabaya, Minggu (13/11/2022).

UKW yang digelar hari Sabtu dan Minggu (12-13/11) ini diikuti 30 peserta terdiri dari Wartawan Muda, Wartawan Madya, dan Wartawan Utama. “Sekali lagi, saya ucapkan banyak terima kasih kepada SKK Migas Jabnusa, yang benar benar peduli terhadap profesi wartawan,” kata Pak Item panggilan akbrab Lutfil.

Item menambahkan, PWI Jatim siap bekerja sama dengan instansi lain yang punya kepedulian untuk mencetak wartawan profesioanl dan kompeten.” PWI Jatim siap bekerja sama dengan instansi lain  untuk memajukan insan pers,” katanya.

Sementara itu, Humas SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara Amni Nadya menyatakan, UKW bakal menaikkan citra positif industri migas di Indonesia. Sebab, berita yang ditayangkan hasil penulisan yang mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik. “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya SKK Migas untuk meminimalisasi adanya wartawan abal-abal atau sering disebut wartawan tanpa surat kabar,” ujar Amni Nadya.

“Maka dari itu, kegiatan UKW merupakan upaya bersama untuk meningkatkan profesionalisme wartawan, sehingga berita yang ditulis akan tetap berada dalam kaidah jurnalistik,” kata Nadya. (yy)