Dampak Buruk Kosmetik Murah

oleh : -
Dampak Buruk Kosmetik Murah
Memilih kosmetik dengan jeli

Jakarta(JatimUPdate.id)- Sebaiknya kita tidak mudah tergiur dengan produk kosmetik dengan harga murah. Bisa jadi produk yang diklaim murah itu hanyalah produk palsu yang justru bisa berdampak buruk untuk pemakainya. Memakai produk kecantikan memang tak bisa sembarangan, karena efeknya benar-benar serius untuk tubuh kita.

Selain menentukan keaslian produk, kita juga harus memastikan bahwa komposisi atau formula kosmetik yang akan kita gunakan benar-benar cocok untuk kita. Memakai kosmetik yang keliru bisa menimbulkan respons alergi.

Biasanya, reaksi alergi terhadap kosmetik ini muncul jika sistem imunitas melihat zat tertentu dalam produk tersebut berbahaya bagi tubuh kita. Ada dua jenis alergi kosmetik yang biasa terjadi pada kulit, yaitu dermatitis kontak dan dermatitis kontak iritan.

Dermatitis kontak merupakan reaksi alergi yang melibatkan sistem kekebalan tubuh dengan gejala berupa gatal-gatal, bengkak dan kemerahan. Sementara itu, dermatitis kontak irirtan menyebabkan kerusakan pada kulit di area yang menggunakan produk tersebut.

Gejala dermatitis kontak iritan biasanya berupa gatal, menyengat, terbakar atau lecet di sekitar lokasi. Reaksi alergi ini bisa bersifat jangka pendek dan panjang, bahkan mengancam jiwa.
Cara mencegah alergi kosmetik 

Agar kita terhindar dari hal ini, sebaiknya lakukanlah uji sensitivitas produk pada kulit terlebih dahulu.

Kita bisa melakukannya dengan mengaplikasikan sedikit saja produk tersebut di tangan. Bila merasa gatal atau muncul kemerahan, jangan memakai produk tersebut.

Sebelum membeli, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu kandungan produk. Produk kecantikan yang mengandung zat seperti paraben, quaternium-15, phthalate, dan zat alergen juga perlu kita hindari. Sebenarnya, reaksi alergi terhadap kulit juga bisa disebabkan oleh kebersihan alat rias. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan kebersihan tangan, spons bedak yang digunakan, dan meja rias. Gunakan produk kosmetik dengan bijak, jangan terlalu tebal dan harus dibersihkan ketika akan tidur.
Bila reaksi alergi yang ditimbulkan benar-benar membuat kita tidak nyaman, segera periksakan ke dokter. (Dari berbagi sumber/YY)