Wisata Goa Lowo Resmi Dibuka di Desa Melirang Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

oleh : -
Wisata Goa Lowo Resmi Dibuka di Desa Melirang Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik
Wisata Goa Lowo dan Kawasan Ekonomi Desa Goa Lowo milik pemerintah desa Melirang, Kecamatan Bungah diresmikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gresik , Abu Hassan, Rabu (07/12/2022).

Gresik, JatimUPdate.id, Wisata Goa Lowo dan Kawasan Ekonomi Desa Goa Lowo milik pemerintah desa Melirang, Kecamatan Bungah diresmikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gresik , Abu Hassan, Rabu (07/12/2022).

Kepala Desa Melirang Kecamatan Bungah, Muwaffaq menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemprov Jatim yang telah memberikan bantuan serta bimbingan teknis dalam BKK Desa Berdaya.

“Maturnuwun sanget kagem Bu Khofifah [Khofifah Indarparawansa/Gubernur Jatim] yang telah berkenan memberikan BKK Desa Berdaya sehingga Kawasan Ekonomi Desa berupa wisata desa Goa Lowo ini menjadi semakin banyak fasilitasnya dan sekaligus bisa menjadi icon desa dan semakin terpublikasi. InsyaAllah akan banyak kemanfaatannya bagi Pemeintah Desa dan warga Desa Melirang,” kata Muwaffaq pada kesempatan sama.

KED Goa Lowo, kata Muwaffaq, selain sebagai lokasi wisata juga memiliki potensi ekonomi lainnya yaitu kotoran kelelawar yang pada durasi waktu tertentu bisa mencapai jumlah tonase tertentu bisa dimanfaatkan sebagai bahan pupuk guano yang sangat baik untuk pertanian.

“Alhamdulillah, hasil uji laboraturium dari kotoran kelelawar yang bisa diolah sebagai bahan pupuk guano itu sangat baik buat pertanian. Dalam rentang 3-4 bulan jumlah kotoran kelelawar itu bisa mencapai beberapa ton dan punya nilai ekonomi tinggi,” ungkap Kades Melirang dengan bangga.

Disisi lain, selain juga ada pujasera serta permaianan anak, kata Kades Melirang, ada goa lainnya yang kini telah didiami oleh burung wallet sehingga kedepan goa itu dipastikan bisa diambil alias dipanen sarang burung wallet yang ada sebagai komoditas ekonomi bernilai tinggi.

“Ada goa yang kini telah dihuni puluhan burung wallet, semoga tidak lama lagi akan bisa dipanen komoditas sarang wallet yang bernilai jual tinggi itu,” tegasnya.

 Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gresik meninjau lokasi wisata goa lowo gresik, Rabu (7/12). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gresik meninjau lokasi wisata goa lowo gresik, Rabu (7/12).