Wabup Sidoarjo Minta Penyelenggara Pemilu Netral

KPU Sidoarjo Resmi Lantik 90 PPK

oleh : -
KPU Sidoarjo Resmi Lantik 90 PPK
PPK di Kabupaten Sidoarjo yang telah dilantik

Sidoarjo _ Jatimupdate.id _  KPU Sdioarjo resmi lantik sejumlah 90 PPK Kabupaten Sidoarjo, yang akan membantu KPU dalam  menyelengarakan setiap tahapan Pemilu, pada bulan Februari 2024 mendatang. Pelantikan diselenggarakan di  Ballroom Hotel Fave Sidoarjo, Rabu, (04/01/ 2023).

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mukhamad IskakKetua KPU Kabupaten Sidoarjo Mukhamad Iskak

Baca juga:  KPU Jember Lantik 155 PPK

Hadir dalam pelantikan tiu,  Sekertaris KPU Jawa Timur Nanik Karsini, Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi SH, berikutt ratusan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Subandi mengatakan, pentingnya kontribusi kinerja PPK secara maksimal , karena keberhasilan pemilu nanti tergantung kepada KPU dan PPK Kecamatan.

"Berhasil tidaknya pemilu tergantung pada penyelenggaranya, yaitu KPU dan PPK Kecamatan," ucapnya. 

Untuk itu, Subandi mengajak agar penyelenggara pemilu, mampu bersikap independen, netral, serta berlaku adil, dalam menjalankan kewajibannya. Sehingga dapat diminimalisir kemungkinan konflik pemilu. 

"Ini adalah tahun politik, PPK dan KPU harus idenpenden serta mewujudkan harmonisasi antar stakeholder," tambahnya.

Sejalan dengan harapan itu, usai melantik PPK, Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mukhamad Iskak, dalam sambutannya menyatakan, bahwa dalam menjalankan tugasnya, penyelenggara pemilu membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. 

"Untuk itu, setelah di lantik ini, kami harapkan ada suport dari pemerintah Kabupaten Sidoarjo, seperti ketersediaan kantornya, komputer  serta fasilitas pendukung lainnya," ucapanya.

Pada kesempatan itu, Iskak mengingatkan, bahwa sebagai penyelenggara Pemilu, KPU bersama PPK  harus membangun netralitas, dengan menjaga jarak antar kepentingan politik tertentu.

"Karena, KPU dan PPK merupakan  lembaga pelayanan, yang melayani masyarakat serta partai politik sebagai peserta pemilu. Untuk itu dalam menjalan tugasnya, harus profesional serta menjaga integritas KPU dan PPK," tegas Iskak.

Iskaq berjanji akan terus memantau perilaku PPK, setidaknya dalam kurun waktu kedepan, hingga seluruh tahapan pemilu selesai dilaksanakan. 

"Kami menghendaki, tidak ada penyelenggara pemilu yang terindikasi ada hubungan kedekatan dalam bentuk apapun," katanya.

PPK Siap Melaksanakan Tugas

Usai dilantik, salah satu PPK di Kabupaten Sidoarjo, Budi Setiawan menyatakan kesiapannya dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, sebagai penyelenggara pemilu, yang jujur dan adil. Dengan tetap mengacu para peraturan perundangan yang berlaku. 

Pelantikan PPK SidoarjoPelantikan PPK Sidoarjo

"Kami berkomitmen akan menjaga  netralitas sebagai penyelenggara pemilu yang berintregritas, sehingga setiap tahapan pemilu dapat berlangsung dengan lancar," tandasnya. (Rudi)