Catatan MAS AAS

Tugas Lelaki Adalah Berjuang Dan Kemudian Menang!

oleh : -
Tugas Lelaki Adalah Berjuang Dan Kemudian Menang!
Mas AAS

Tugas utama seorang lelaki. Yang paling besar adalah mengendalikan apa yang berada di dalam pikirannya sendiri.

Itu sudah dikerjakan lainnya bisa jadi urusan yang mudah. Bukti empiris pribadi bisa jadi evidence nyata.

Sebelum memenangkan pertempuran di luar diri. Menangkan dahulu pertarungan dengan diri sendiri!

Hanya kadang rada lupa. Karena kualitas dan kuantitas persoalan silih berganti datangnya!

Dan itu tidak bisa dibantu oleh orang lain. Lelaki itu yang kudu selesaikan sendiri sesuatu yang ada di dalam pikirannya.

Alih-alih berharap orang lain yang akan selesaikan. Ombak yang berada di dalam pikiran itu tambah membesar adanya. Dan tsunami datang secara tiba-tiba!

Menyelesaikan challenge itu, di situ seni hidup yang sebenarnya! Menghindar apalagi lari dari kenyataan, alamat sesal tak berujung di dalam hidup yang hanya sekali ini saja!

So, cintai diri sendiri. Dengan mencintai sesuatu yang ada didalam pikiran pribadi.

Kadang banyak orang memilih tinggal di ketinggian gedung apartemen, memilih menyepi di gunung atau ke pulau terpencil untuk menghindar dari bisingnya kehidupan di luar sana, untuk meraih kedamaian hati.

Namun sayangnya, kita seringkali tidak sadar, bahwa kita sendiri lah yang paling banyak menjadi sumber ketidakdamaian diri kita sendiri. Itu terjadi ketika kita membiarkan kepala kita mendengarkan pikiran-pikiran orang lain maupun pikiran-pikiran kita sendiri, yang merusak kedamaian batin kita.

Suara-suara di kepala kita, jauh lebih dekat dengan batin kita, ketimbang suara-suara dari mulutnya orang lain, di luar sana.

Jadiā€¦ damainya seorang lelaki tergantung pada dirinya sendiri.

Sepertinya begitu. Sowan Jumatan Rumiyen! Tuk bermanja ria bertemu dengan Sang Kekasih Jiwa ini. Kangen ingin menerima makna tentang hakikat hidup yang terjadi pada hari ini, melalui kisah, dan cerita, yang disampaikan oleh sang Khotib.

AAS, 06 Januari 2023
Emperan Rumah Rungkut Surabaya