BSI di balik Akuisisi RS Delta Surya

oleh : -
BSI di balik Akuisisi RS Delta Surya
Serah terima jabatan direksi RS Delta Surya Sidoarjo

SIDOARJO (JATIMUPDATE.ID) – Dokter H Agus Fachrudin Farid, nama lengkapnya. Orang mengenalnya dengan panggilan dr Farid. Sosoknya dikenal luas sebagai pengusaha handal di industri rumah sakit. Baru-baru ini, perusahaan yang dimiliki dr Farid, PT RS Anwar Medika mengakuisisi Rumah Sakit (RS) Delta Surya dibawah naungan PT Delta Surya Husada. Akuisisi yang dilaksanakan pada awal April 2022 ini berlangsung lancar, dengan dukungan sejumlah pihak termasuk BSI sebagai partner strategis PT RS Anwar Medika.

 

"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung akuisisi ini, termasuk diantaranya Bank Syariah Indonesia. Sehingga proses akuisisi berjalan lancar seperti yang diharapkan," ucap dr Agus F Farid.

 

 

Pada kesempatan terpisah, Dr Ir Jamhadi, MBA, menyambut baik akuisis RS Delta Surya oleh PT RS Anwar Medika. Dikatakan pria yang menjabat KADIN Institute sampai periode tahun 2020 ini, bahwa sesuai data statistik, rumah sakit merupakan bisnis kesehatan yang tumbuh pesat selama pandemi covid-19.

 

Jamhadi menilai, RS Anwar Medika merupakan rumah sakit swasta terbanyak kedua di Jawa Timur yang melayani pasien BPJS Kesehatan, dan nomor urut ke-50 dari 2.617 rumah sakit di seluruh Indonesia.

 

Keputusan mengakuisisi RS Delta Surya turut memperkuat infrastruktur kesehatan di Jawa Timur yang terus diperjuangkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Apalagi disaat situasi pandemi covid-19, menjadikan Jawa Timur dan khususnya Kabupaten Sidoarjo lebih ramah terhadap investasi, perdagangan, dan wisata kesehatan.

 

“Saya sampaikan selamat dan sukses atas akuisisi tersebut. Itu bisa menjadi trigger pertumbuhan ekonomi dan bisa melayani warga Jatim lebih bagus lagi di bidang kesehatan,” kata Jamhadi, yang merupakan Direktur Utama PT Tata Bumi Raya.

 

Diakuisisinya RS Delta Surya menjadikan PT RS Anwar Medika sebagai perusahaan yang intens mendukung program Pemerintah khususnya Pemprov Jawa Timur dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat lebih terjangkau dan mudah terutama masyarakat kurang mampu.

 

Setelah akuisisi RS Delta Surya, total RS yang dikelola PT RS Anwar Medika sebanyak 5 unit, disamping STIKES Anwar Medika yang berubah menjadi Universitas Anwar Medika.

 

Direktur Utama PT RS Anwar Medika, dokter Agus F Farid mengungkapkan, diakuisisinya RS Delta Surya merupakan salah satu capaian PT RS Anwar Medika untuk mengembangkan sektor kesehatan di Jawa Timur. RS Delta Surya merupakan RS swasta tipe C beralamat di Jl. Pahlawan nomor 9, Kabupaten Sidoarjo.

 

RS Delta Surya merupakan satu diantara 424 unit rumah sakit yang ada di Jawa Timur, dari total 2.617 unit rumah sakit di seluruh Indonesia. Fasilitas yang disediakan meliputi Audiometri, CT Scan, Echocardiography, Endoscopy, Fisioterapi, Hemodialisa, Hysteroscopy, Labolatorium, Spirometri, Treadmill, UGD, USG, dan fasilitas lainnya.

 

Usai diakuisisi, menurut rencana, RS Delta Surya akan dilakukan perluasan dengan membangun gedung layanan kesehatan modern setinggi 10 lantai di belakang bangunan RS Delta Surya. Dipercaya sebagai kontraktor ialah PT Tata Bumi Raya.

 

Fasilitas di sektor kesehatan yang akan dibangun tersebut akan memperlengkap fasilitas kesehatan di Jawa Timur, sehingga masyarakat tidak perlu berobat ke luar negeri. Dan lagi, memperkuat sektor kesehatan Jawa Timur untuk menjadikan Jawa Timur sebagai Wisata Kesehatan sebagaimana program Gubernur Jawa Timur, Dra Khofifah Indar Parawansa. (*)