Sulit Urus IMB Rumah Ibadah, Legislator PSI Sediakan Layanan Pengaduan

Reporter : -
Sulit Urus IMB Rumah Ibadah, Legislator PSI Sediakan Layanan Pengaduan
Josiah Michael

Jatimupdate.id - Josiah Michael, anggota DPRD Surabaya, menyambut baik program Walikota Surabaya Eri Cahyadi,  untuk mempermudah penerbitan IMB rumah Ibadah di kota Pahlawan.

Diharapkan, komitmen Walikota tersebut, akan lebih banyak rumah ibadah memiliki IMB. Pasalanya menurut Josiah sampai saat ini, banyak rumah ibadah yang tak ber IMB.

"Cocok ini, harus kita kawal," kata Josiah pada Selasa.

Kendati begitu, ia menekankan, program ini tidak ada hambatan, berjalan baik. Sebab, ini menjadi jalan keluar, terkait permasalahan rumah ibadah. Karenanya, Josiah meminta teknisnya harus jelas. Utamanya, bagi rumah ibadah yamh terlanjut berdiri, dalam mengurus IMB nya.

Baca Juga: Pimpinan DPRD, Minta Komisi A Kordinasi dengan Inspektorat Tuntaskan Kasus Dana Hibah Pilwali 2020

"Harus ada jaminan dari pemkot, dengan mengurus izin ini, tidak timbul permasalahan yang baru." ujar Josiah

Ia khawatir ketidakjelasan tersebut, memicu timbulnya konflik, ketika ada warga tahu rumah ibadah di dekat rumahnya. Ternyata belum memiliki IMB. Kemudian memprovokasi warga melakukan penolakan. "Padahal rumah ibadah itu, sudah lama berdiri. Beroperasi dan selama ini baik-baik saja." bebernya.

Untuk itu, ia meminta lurah harus berani berperan aktif. Karena selama ini, ada oknum lurah, begitu tahu ada penolakan dari warga. Menurut Josiah, adakalanya terpengaruh dan ikut-ikutan tidak mau memprosesnya.

Josiah menyampaikan, untuk rumah ibadah di kota Surabaya, yang mengalami hambatan dalam mengurus IMB rumah ibadah. Dia memberikan kontak pribadinya.

"Silahkan laporkan ke nomor WA saya 081905590000," demikian Josiah (roy)

Baca Juga: Eri Cahyadi Ngantor di Kelurahan, DPRD Bikin Was-was Petugas Pelayanan

Editor : Ibrahim