Petani Nganjuk Belajar Menggunakan Drone Untuk Pemupukan Sawah

Reporter : -
Petani Nganjuk Belajar Menggunakan Drone Untuk Pemupukan Sawah
Petani di wilayah Desa Patian, Kecamatan Loceret diberikan edukasi dan sosialisasi oleh Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi Penggunaan Drone Untuk Pemupukan Sawah, Rabu (5/4/2023)

Nganjuk, JatimUPdate.id,- Petani di wilayah Desa Patian, Kecamatan Loceret diberikan edukasi dan sosialisasi oleh Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi terkait teknologi pemupukan Aplikasi Elisator Biosaka atau Pupuk Cair Pestisida dengan menggunakan drone.

Berdasarkan pantauan, drone pertanian yang memliki lebar sekitar satu meter lebih itu mampu terbang membawa sekitar 10-15 liter pupuk cair pestisida dan menyiramkannya secara otomatis sesuai luas lahan yang sudah disetting operator drone.

Baca Juga: NTP Jatim Desember 2023 Tertinggi Sejak 2019, Tegaskan Posisi Jatim Sebagai Lumbung Pangan Nasional

Pesawat tanpa awak itu kemudian terbang sambil menyiram tanaman padi dibawahnya secara bolak balik.

Baca Juga: Inovasi Teknologi Dorong Petani Bojonegoro Tingkatkan Produktifitas

"Pemanfaatan teknologi drone ini sangat efektif dan efisien. Pasalnya teknologi tersebut mempermudahkan petani dalam penyemprotan pupuk cair dan bisa menghemat biaya produksi, " ujar Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, pada Rabu (05/04/2023) sore.

Dijelaskan Kang Marhaen, pengenalan teknologi ini sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga: BSIP Bekali Bimtek Petani Lamongan untuk Tingkatkan Kualitas Dan Hasil Produksi Pertanian

Selain itu, juga menjadi komitmen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Nganjuk menjadi Kabupaten Agropolitan. (Yah)

Editor : Nasirudin