Hindari Pakai Baju Belum Dicuci

oleh : -
Hindari Pakai Baju Belum Dicuci
menjemur baju

JAKARTA(JATIMUPDATE.ID)-Menerapkan kebiasaan sehat dalam keseharian penting untuk diprioritaskan selama pandemi Covid-19 ini. Salah satu yang kerap diabaikan adalah memakai baju dua kali alias memakai baju yang sama keesokan hari tanpa dicuci terlebih dahulu. Kebiasaan seperti itu dapat mengurangi aspek kebersihan dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. "Kalau habis ke mana-mana saya menyarankan untuk segera mencuci baju untuk terhindar dari penularan penyakit. Demikian kata dr. Andira Utami praktisi kesehatan dan konsultan nutrisi seperti dilansir Kompas.com, kemarin.

Andira mengatakan, baju dapat menjadi media penularan virus dan bakteri. Dia pun merekomendasikan untuk menjaga kebersihan setelah beraktivitas dan tiba di rumah untuk mencegah penularan penyakit. Sebuah riset menunjukkan, beberapa virus termasuk corona dapat bertahan di permukaan kain dalam jangka waktu 72 jam atau tiga hari. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dan selalu waspada dengan meletakkan pakaian kotor saat di rumah dan tidak menggunakannya lebih dari satu kali. "Kalau saya biasa memisahkan baju setiap kali habis dipakai. Langsung segera dicuci atau disimpan secara terpisah berdasarkan pemakaian dan bahannya," lanjut dr. Andira.

Pemisahaan baju kotor tersebut bertujuan untuk menghindari penularan penyakit serta menjaga kualitas dari baju itu sendiri. Setelahnya, pakaian dapat dicuci menggunakan deterjen yang mengandung bahan disinfektan untuk membunuh bakteri dan virus. Atau, bisa juga menggunakan air panas yang bersuhu 40 sampai 80 derajat celcius. (Yok)