Menteri Perhubungan

Yang Menentukan Tol Gratis Kakorlantas

oleh : -
Yang Menentukan Tol Gratis Kakorlantas
Digratiskan jika kemacetan di gerbang tol melebihi 1 kilometer

JAKARTA(JATIMUPDATE.ID)-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberi penjelasan terbaru soal pernyataannya yang menyebut tarif  tol gratis, jika kemacetan di gerbang tol melebihi 1 km.

Hal itu dia sampaikan terkait antisipasi kemacetan di mudik Lebaran 2022. "Terkait angkutan darat tadi ditanyakan jika terjadi kemacetan satu kilometer akan digratiskan. Jadi itu juga ada prosedurnya, karena kewenangan sebagai 'ketua kelas' itu ada di Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri yang menilai apakah itu layak dilakukan atau tidak," kata Budi di Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Minggu (24/04/2022).

Ia mengatakan, pemberlakuan aturan seperti itu merupakan salah satu cara untuk mendorong pengelola jalan tol memberikan layanan secara maksimal selama masa arus mudik Lebaran.

"Ini dimaksudkan agar Jasa Marga atau pun semua operator tol itu care. Jangan sampai ada kemacetan, dengan menambah orang, by sistem, mengatur jalan dan sebagainya. Bahkan memberikan anjuran, menjual kartu-kartu tol untuk mengantisipasi kemacetan," ujar Menhub.

Ia menyebutkan, pembebasan tarif tol itu merupakan salah satu opsi pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan saat masa mudik Lebaran. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan, dengan memaksimalkan pelayanan.

"Jadi kalau itu menimbulkan suatu kemacetan yang panjang lebih dari satu kilometer, kita berikan diskresi dan Polisi memberikan diskresi untuk boleh dibebaskan tariff tol,” ujarnya.

Mantan Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol ini mengungkapkan, saat ini sudah mulai ada peningkatan jumlah arus mudik, baik itu melalui moda transportasi udara maupun darat yang artinya masyarakat sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik Lebaran awal. (Yok)