IDM 2023 Kabupaten Malang menghasilkan 302 Desa Mandiri dan 76 Desa Maju

Reporter : -
IDM 2023 Kabupaten Malang menghasilkan 302 Desa Mandiri dan 76 Desa Maju
Penandatanganan Berita Acara IDM 2023 Kabupaten Malang pada Selasa (27/06/2023)

Malang, JatimUpdate.id - Pemerintah Kabupaten Malang bersama Tim Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kab. Malang telah menuntaskan proses pemutahiran data Indeks Desa Membangun (IDM) 2023 untuk 378 desa dengan rincian 302 Desa Mandiri dan 76 Desa Maju serta Zero (Tanpa) Status Desa Berkembang.

Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Berita Acara IDM 2023 Kabupaten Malang pada Selasa (27/06/2023) yang dilakukan Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Eko Margianto, Kepala Bappeda, Tomie Herawanto serta Koordinator TA PM Kabupaten Malang, Winartono di Pendopo Kabupaten Malang.

Eko Margianto, Kadis PMD Kab. Malang menyatakan apresiasinya terhadap semua pihak yang telah terlibat penuh dalam proses tahapan pemutahiran survei data IDM 2023 di Kabupaten Malang.

"Alhamdulillah IDM 2023 Kab. Malang telah tuntas, maturnuwun untuk semua pihak, baik itu 378 Pemerintah Desa khususnya operator desa,  33 Camat beserta staf serta Tim TPP Kab. Malang yang di koordinir Mas Wien [Winartono/Koordinator TA PM Kab. Malang] yang telah berjibakutai, bersinergi dalam proses input IDM. Dukungan penuh Bappeda Kab Malang juga perlu diapresiasi penuh," kata Eko Margianto sebagaimana dikutip oleh Siaran Pers Humas TPP Kab Malang, Kamis(29/06).

Lebih detail Eko menyatakan target Pemkab Malang pada survei IDM 2023 telah terpenuhi bahkan ada target jumlah desa mandiri yang dilampaui.

"Target Zero Desa Berkembang dengan menaikkab status 46 desa berkembang berhasil dituntaskan, sementara itu dari target awal penambahan 150 desa mandiri baru plus 91 desa mandiri hasil IDM 2022 berhasil dilampaui. Kini ada 302 Desa Mandiri di Kabupaten Malang alias 79,8% dari total desa yang ada. Sisanya 76 desa berstatus Desa Maju," ungkap Eko.

Kawasan Pedesaan Mandiri dan Pentahelix

Koordinator TA PM (TPP) Kab Malang, Winartono menyatakan kini 378 Desa di 33 Kecamatan Kab. Malang tidak ada lagi yang berstarus Desa Berkembang, padahal pada hasil inputing IDM 2022, Kabupaten Malang kala itu memiliki 46 Desa Berkembang, 241 Desa Maju dan 91 Desa Mandiri serta 3 Kecamatan yang seluruh desanya berstatus Desa Mandiri yaitu Kec. Dau, Kec. Pujon dan Kec. Sumberpucung.

"Pada IDM 2022 ada 46 Desa Berkembang, pada IDM 2023 semuanya naik status ada yang Maju, beberapa diantaranya ada yang malah langsung Mandiri. Pada 2022 ada 3 kecamatan yaitu Kec. Dau, Kec. Sumberpucung dan Kec. Pujon yang seluruh desa nya berstatus Mandiri, kini jumlahnya menjadi 12 Kec. alias ada tambahan 9 KPM [Kawasan Pedesaan Mandiri]. Ini hasil kerja semua pihak yang bersinergi secara luar biasa," kata Winartono.

9 Kawasan Pedesaan Mandiri itu terdiri atas Kec. Kromengan, Kec. Poncokusumo, Kec. Pakis, Kec. Ngantang, Kec. Wagir, Kec. Tajinan, Kec. Wonosari, Kec. Wajak dan Kec. Kepanjen.

Winartono memberikan apresiasi besar bagi semua tim TPP (Tenaga Pendamping Profesional) baik TA PM (Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat), PD (Pendamping Desa) maupun PLD (Pendamping Lokal Desa) yang telah membantu kelancaran proses input pemutahiran data IDM 2023.

Winartono berharap ada regulasi khusus untuk pengelolaan Kawasan Pedesaan Mandiri serta khususnya untuk penanganan 302 berstatus Desa Mandiri secara lebih masif dan sistemik melalui perda maupun perbub.

"Perda atau Perbub Kawasan Pedesaan Mandiri perlu didorong sehingga penanganan desa-desa mandiri bisa semakin membaik, bersinergi dengan para pihak. Regulasi itu seyogyanya bisa berkonsep Pentahelix alias pelibatan 5 sektor dalam merencanakan dan membangun serta memberdayakan desa-desa mandiri di Kabupaten Malang," terang Winartono.

Pentahelix, kata Mas Wien-panggilan akrab Winartono, adalah sinergi dari Pemerintah (Pusat, Provinsi dan Pemkab Malang), Perguruan Tinggi, Media Massa (Wartawan), BUMN/BUMD dan Swasta, serta pemdesa-warga desa.

IDM 2023 Akan Jadi Bahan Perencanaan Daerah

Kepala Bappeda Kab. Malang Tomie Herawanto memberikan apresiasi besar atas keberhasilan proses penutahiran data IDM 2023 pada 378 desa di Kab. Malang.

"Hasil pemutahiran data IDM 2023 akan sangat berguna untuk disandingkan dengan data-data lainnya guna dimaanfaatkan bagi proses perencanaan daerah," kata Tomie Herawanto. (roy)

Baca Juga: Hari ini, Lima TPS di Kabupaten Malang Gelar Pemungutan Suara Ulang

Editor : Ibrahim