Viral Bus Listrik Mangkrak di Surabaya, Legislator PSI Angkat Suara

Reporter : -
Viral Bus Listrik Mangkrak di Surabaya, Legislator PSI Angkat Suara
William Wirakusuma

Surabaya,JatimUpdate.id - Viral mangkraknya Bus Listrik di Surabaya, memantik Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), William Wirakusuma angkat suara.

William menjelaskan, Bus Listrik tersebut, merupakan hibah layanan dari Kemenhub kepada Kota Surabaya, bukan hibah unit bus nya. Tapi, Bus Listrik bekas KTT G-20 itu dioperasikan DAMRI.

"Jadi perlu diketahui bahwa Bus Listrik dibawah pengelolaan Kemenhub dengan operator DAMRI, bukan dibawah pengelolaan Pemkot Surabaya ataupun Suroboyo Bus," kata dia, melalui keterangannya, yang diterima Jatimupdate.id, Jumat (7/7).

William menambahkan bahwa Bus Listrik memang sempat beroperasi beberapa hari di Kota Surabaya sebelum akhirnya berhenti beroperasi, beliau sempat menanyakan alasan berhentinya operasional Bus Listrik tersebut ke Dinas Perhubungan Surabaya.

"Bus Listrik tersebut berhenti menurut info Dishub Surabaya dikarenakan belum ada kesepakatan kontrak antara KEMENHUB dan pengelola dalam hal ini adalah DAMRI" jelas William

Setelah beberapa bulan berhenti dan tidak ada kejelasan kapan beroperasi lagi, maka William sempat mengusulkan agar operasional Bus Listrik tersebut diambil alih oleh Suroboyo Bus.

"Semoga segera beroperasi lagi. Saya sudah usulkan apabila DAMRI merasa berat menjadi operator Bus Listrik tersebut maka izinkanlah Operasional Bus Listrik tersebut dilakukan oleh Suroboyo Bus, karena menurut saya Suroboyo Bus memiliki kemampuan baik finansial maupun manajerial untuk menjadi operator Bus Listrik" ungkap Legislator PSI tersebut.

William mengatakan, sebagai anggota Komisi C dan Badan Anggaran beliau telah memperjuangkan agar di tahun 2023 ini ada tambahan anggaran untuk transportasi umum di Kota Surabaya dan telah disetujui oleh Pemerintah Kota Surabaya dan DPRD Surabaya.

"Anggaran tambahan untuk transportasi umum di tahun 2023 menurut saya cukup untuk mengoperasikan Bus Listrik dibawah pengelolaan Suroboyo Bus sampai bulan Desember 2023," demikian William. (roy).

Baca Juga: Launching Kota Lama, Eri: Surabaya Punya Nilai Sejarah Tak Kalah Unik dengan Kota Lain

Editor : Ibrahim