Emil Dardak: Pendidikan dan Kesehatan Jadi Prioritas Pembangunan Jawa Timur

Reporter : -
Emil Dardak: Pendidikan dan Kesehatan Jadi Prioritas Pembangunan Jawa Timur
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) Rabithah Alawiyah Tahun 2023 di Pondok Pesantren Suniyah Salafiyah Kota Pasuruan, Minggu (9/7).

Pasuruan, JatimUPdate.id,- Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut bahwa sektor pendidikan dan kesehatan menjadi program prioritas dalam membangun Provinsi Jawa Timur. Bahkan, sektor pendidikan maupun kesehatan menjadi satu kesatuan di dalam membentuk sumber daya manusia hebat di Jatim.

"Pendidikan dan Kesehatan ini menjadai program prioritas sekaligus program pengabdian kepada masyarakat Jawa Timur," ungkapnya saat memberikan sambutan pada menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) Rabithah Alawiyah Tahun 2023 di Pondok Pesantren Suniyah Salafiyah Kota Pasuruan, Minggu (9/7).

Baca Juga: Wagub Emil Tegaskan Percepatan Pembersihan Enceng Gondok Guna Cegah Banjir Susulan

Di sektor pendidikan, Emil menjelaskan bahwa komitmennya untuk mendorong pendidikan holistik terus dilakukan. Dimana pendidikan berbasis karakter terus dikembangkan di banyak sekolah sekolah yang ada di Jatim.

Dicontohkan, model pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) sudah sangat lengkap yang memadukan antara ilmu pengetahuan dan pendidikan berkarakter yang memiliki budi pekerti didalam bersikap.

"Ketika kita berbicara tentang membangun pendidikan berkarakter berarti kita berbicara mengenai bagaimana mempersiapkan generasi penerus yang memiliki ilmu pengetahuan dengan budi pekerti yang baik. Maka, pendidikan di pondok  pesantrenlah tempatnya," jelasnya.

Pendidikan di Ponpes inilah, lanjut Wagub Emil, mereka tidak hanya di didik melainkan diasuh. Konsep pengasuhan di Ponpes inilah yang wajib disyukuri didalam menjaga pilar bagi para generasi muda yang nanti ketika berada di dunia kerja bisa menjaga marwah peradaban.

Baca Juga: Peluang Bisnis Developer Game di Kalangan Gen Z

"Peradaban tidak dihasilkan oleh mereka yang cerdik di dalam berkarya saja, tetapi juga mereka harus menjaga nilai atau tatanan yang ada di tengah tengah masyarakat," sebutnya.

 

Emil mengatakan, Pemprov Jatim terus memberikan perhatian kepada masyarakatnya melalui perlindungan kesehatan dan mendorong terlaksananya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan seluas luasnya kepada siapapun.

Baca Juga: Emil: Perguruan Tinggi Jadi Pendorong Kemajuan Ekonomi Syariah di Jatim

"Sistem kesehatan dan pendidikan yang kita bangun tidak bisa paripurna jika tidak di dukung penuh oleh seluruh lapisan masyarakat. Komitmen kami bersama Ibu Gubernur untuk terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim terus di maksimalkan," tegasnya.

Emil berharap, Muskernas Rabithah Alawiyah dapat menghasilkan berbagai rekomendasi strategis didalam memberikan masukan kepada Pemprov Jatim didalam menyusun berbagai kebijakan yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. (Yah)

Editor : Yuris P Hidayat