DPRD Surabaya, Imbau Pelaksanaan MPLS Menyertakan Materi P4GN

Reporter : -
DPRD Surabaya, Imbau Pelaksanaan MPLS Menyertakan Materi P4GN
Khusnul Khotimah/Foto: Roy/JatimUpdate.id

Surabaya,JatimUPdate.id - Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Kota Surabaya, akan dimulai Senin 17 Juli 2023. 

Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah, mengusulkan MPLS menyertakan materi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Menurutnya, materi tersebut sangat penting, khususnya bagi siswa yang menginjak kelas menengah pertama (SMP) maupun menengah atas (SMA). Sebab, Masa usia sekolah menengah ini, rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu sangat besar, termasuk narkoba.

"Pihak sekolah bisa bekerja sama dengan Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polrestabes Surabaya." ujar Khusnul, melalui keterangannya, Sabtu (15/7).

Kemudian, tambahnya bisa bekerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Surabaya, untuk pemberian materinya. Menerangkan  jenis narkoba, bentuknya, efeknya, bahayanya, hingga undang-undang yang mengatur dan ancaman hukumannya.

"Siswa-siswa yang mulai beranjak dewasa ini perlu tahu soal narkoba, bahayanya dan lain sebagainya." imbau dia.

"Kita harus selamatkan generasi muda kita dari narkoba, yang sudah merangsek masuk menyasar anak-anak sekolah," imbuhnya.

Dengan adanya sosialisasi P4GN, kata Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini, siswa memiliki wawasan dan pengetahuan tentang narkoba, dan bagaimana cara pencegahannya. Baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya, termasuk lingkungan pertemannya.

“Saya kira materi tentang P4GN ini harus mendapat perhatian dari sekolah. Jadi saat MPLS jangan hanya soal materi pengenalan soal sekolah saja." papar Khusnul.

"Namun juga materi-materi lain yang memberikan wawasan luas bagi siswa untuk menatap masa depannya. Salah satunya soal bahaya narkoba,” demikian Khusnul Khotimah. (roy)

Baca Juga: Polda Jatim Gelar Road Show, Generasi Emas Produktif Tanpa Narkoba

Editor : Ibrahim