Dirjen PDP Tinjau Kesiapan SOMRDPE dan AVN 1st Meeting 2023 di Yogyakarta

Reporter : -
Dirjen PDP Tinjau Kesiapan SOMRDPE dan AVN 1st Meeting 2023 di Yogyakarta
Dirjen PDP saat memastikan kesiapan SOMRDPE dan AVN 1st Meeting 2023

Yogyakarta,JatimUPdate.id - Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito, meninjau persiapan penyelenggaraan Back-to-Back agenda Senior Officials Meeting Rural Development and Poverty Eradication (SOMRDPE) dan 1st ASEAN Village Network (AVN) Meeting di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 16-17 Juli 2023.

Ia didampingi Direktur Advokasi dan Kerja Sama Desa dan Perdesaan, Moh Fachri serta Direktur Sarana Pembangunan Prasarana Desa dan Perdesaan, Nursaid.

Pada kunjungan Minggu (16/07) Dirjen PDP beserta dengan Dir Advoker dan Dir Sarpras menuju Desa Sambirejo (Tebing Breksi) untuk memastikan kesiapan dari Venue lokasi Rural Culture Expo.

Rencananya event ini akan di ikuti 10 Negara Anggota ASEAN, 9 Desa Perwakilan AVN Indonesia dan 20 BUMDes dari 4 Kabupaten di Provinsi DIY.

Serta beberapa Desa yang menjadi binaan Bank Pembagunan Daerah Seluruh Indonesia.

Expo akan menggelar berbagai kegiatan yang diisi para pelajar di DIY, seperti lomba menggambar dengan tema Desa oleh pelajar tingkat sekolah dasar, serta perlombaan kesenian dan paduan suara yang di ikuti oleh pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan atas (SMA).

Disamping itu kegiatan tersebut, juga akan menggelar Pasar Kuliner, Pameran Produk UMKM, pertunjukan musik dan seni tari serta budaya lokal yang akan di isi oleh perwakilan dari Kabupaten di DIY.

Serta dimeriahkan artis ternama Indonesia. Kegiatan Rural Culture Expo ini sepenuhnya di dukung oleh Bank Pembangunan Daerah DIY (BPD DIY) dan beberapa BPD lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Bank Daerah (ASBANDA) Seluruh Indonesia.

“Ini adalah wujud pendekatan pentahelix dalam Pembangunan Desa saat ini, dimana salah satu unsurnya adalah pelibatan lembaga keuangan perbankan, seperti Bank Pembangunan Daerah dalam melakukan pembinaan terhadap Desa ternyata cukup efektif dalam mendorong daya ungkit ekonomi desa agar lebih cepat tumbuh dan berkembang" terang Sugito, melalui keterangannya, Kamis (20/7).

Pada Senin (17/07) Dirjen PDP beserta Dir Advoker melakukan pertemuan dengan Santoso Rohmad selaku Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah DIY yang didampingi jajaran Direksi bertempat di Kantor BPD DIY.

Pada pertemuan tersebut, Dirjen PDP dan Dirut BPD DIY sama-sama mendorong penguatan Kerja Sama antara pemerintah dengan lembaga keuangan, salah satunya adalah perbankan daerah untuk mengakselerasi pembangunan desa.

Dalam pertemuan tersebut Dirjen PDP menyampaikan terima kasih atas dukungan Bank DIY yang bertindak selaku salah satu Co-host dalam event SOMRDPE Indonesia 2023.

"Alhamdulillah kemarin saya sudah melihat Venue Expo di Tebing Breksi, tempatnya cukup representatif dan ini akan menjadi ajang promosi Desa AVN Indonesia dilevel ASEAN, sekali lagi terima kasih atas dukungan Bank DIY" pungkas Sugito. (*)

Baca Juga: Meriahnya 'Semesta Berpesta' di Yogyakarta

Editor : Ibrahim