Stok Elpiji 3 Kg di Jatim Dipastikan Aman

Reporter : -
Stok Elpiji 3 Kg di Jatim Dipastikan Aman
Khofifah saat meninjau stok dan distribusi elpiji bersubsidi

Surabaya,JatimUPdate.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan stok dan distribusi elpiji bersubsidi di Jatim aman.

Kepastian itu, usai meninjau pangkalan elpiji 3 kg milik Mari Achmad di  kawasan Kalidami dan juga agen elpiji milik PT Ragil Soegiarti Abadi di kawasan Gubeng Kertajaya, Surabaya, Kamis (27/7).

Baca Juga: Puncak Haji, Khofifah Imbau Jamaah Haji Patuhi Anjuran Kemenag dan Pemerintah Arab Saudi

Khofifah menjelaskan, kelangkaan elpiji di Surabaya berpengaruh terhadap pasokan Elpiji di daerah lain di Jawa Timur. 

"Saya ingin memastikan Elpiji 3 Kg di Surabaya ini aman. Karena, Surabaya adalah daerah besar dengan skala ekonominya yang begitu besar. Dan Allhamdulillah Stoknya aman, pasokan aman dan permintaan masyarakat bisa terlayani," jelasnya.

Pemprov Jatim, lanjut Khofifah, melalui Dinas ESDM berkoordinasi bersama Pertamina untuk menambah ketersediaan elpiji baik di tingkat pangkalan maupun agen.

Tak hanya penambahan kuota elpiji, Khofifah juga berharap stabilitas harga tetap terjaga di tingkat konsumen. 

"Komunikasi dengan pihak pangkalan, agen, dan Pertamina harus terus terbangun. Oleh karena itu, mungkin kalau ada tambahan permintaan berkepanjangan, kepala daerah setempat bisa menyampaikan kuota baru," imbuhnya.

Baca Juga: DPD Partai Demokrat Jatim Sembelih 15 Hewan Kurban pada Hari Kedua Idul Adha

Khofifah mengungkapkan, tingginya permintaan elpiji 3 Kg, lantaran banyak sektor UMKM utamanya pedagang penjual makanan minuman (Mamin) hingga warung-warung mulai bergerak.

Sedangkan, kelangkaan yang dilaporkan beberapa hari terakhir di sejumlah daerah terjadi karena momentum libur panjang sekolah ditambah Idul Adha. 

"Allhamdulillah disini harga dalam posisi stabil di angka Rp16.000 per tabung," ujar Khofifah.

Agus Suharto selaku pemilik  agen PT Ragil Soegiarti Abadi bersyukur, tidak ada kelangkaan di depo elpiji miliknya dan wilayah Kota Surabaya secara keseluruhan.

Baca Juga: Lagi, PPSDS Jatim Ragukan Data Disnak Terkait Ketersediaan Sapi Siap Potong

Ia menyebut pihaknya setiap hari menyalurkan sekitar 560 tabung elpiji yang sudah terisi ke lima pangkalan lainnya di wilayah Surabaya. 

"Dari agen kami dan wilayah Surabaya, aman terkendali, tidak ada peningkatan dan kelangkaan. Kami dari agen akan selalu bekerjasama dengan Pertamina dan memantau kebutuhan pangkalan lewat aplikasi yang disiapkan Pertamina," tutupnya.

Saat meninjau agen dan pangkalan elpiji, Gubernur Khofifah didampingi Kepala Dinas ESDM Nurcholis dan Kadisperindag Prov Jatim Iwan. (prs)

Editor : Ibrahim