KPU Jatim Berikan Edukasi Pemilu pada Pemilih Muda Dari BEM FISIP UPN Veteran Jawa Timur

Reporter : -
KPU Jatim Berikan Edukasi Pemilu pada Pemilih Muda Dari BEM FISIP UPN Veteran Jawa Timur
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menerima kunjungan 46 mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur pada Kamis, 7 Septem

Surabaya, JatimUPdate.id,- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menerima kunjungan 46 mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur pada Kamis, 7 September 2023.

Rombongan diterima langsung oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) Gogot Cahyo Baskoro beserta jajaran di Kantor KPU Jatim, Jl. Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Baca Juga: Peluncuran Pilgub Jatim 2024 Resmi Dibuka, Berlangsung Meriah Dihadiri Ribuan Masyarakat

Sebagai bagian dari edukasi kepemiluan, sebanyak 46 mahasiswa diajak mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Punakawan sekaligus melakukan Office Tour. Terbagi menjadi dua tim, masing-masing bergantian, dengan dipandu oleh Kepala Sub Bagian Partisipasi Masyarakat Prahastiwi Kurnia Sitorosmi dan Staf Anny Farihatun Nisa.

Pasca berkeliling area kantor, seluruh mahasiswa berkesempatan untuk melakukan diskusi. Bertindak sebagai narasumber, Gogot saat mengawali paparannya membeberkan kunci kekuatan mahasiswa.

“Ada enam kunci kekuatan mahasiswa, yaitu keberanian, kecerdasan, sikap kritis, idealisme, pengorbanan, dan kepekaan sosial,” kata Gogot.

Kunci kekuatan tersebut menurutnya sebagai modal awal mahasiswa untuk lebih peduli pada Pemilu.

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy Dukung Kerja Profesional Hingga Pesankan Netralitas Kepada KPU Jatim

Tidak hanya menjadi pemilih, Gogot berharap mahasiwa BEM FISIP UPN Jawa Timur ini dapat terlibat aktif dalam setiap proses tahapan pemilu, salah satunya dapat menjadi Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Ke depan, kami akan membutuhkan anggota KPPS sebanyak 844.662 orang, dari 120.666 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Timur untuk Pemilu 2024,” terang Gogot.

Selain itu, disebutkan pula oleh Gogot, bagi mahasiswa yang beralamatkan di luar Kota Surabaya tetap bisa menggunakan hak suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

“KPU memfasilitasi pindah pilih bagi mahasiswa yang sedang ada tugas belajar dengan melampirkan surat keterangan belajar dari kampus yang ditandatangani oleh pimpinan berikut cap basah mulai 22 Juni 2023 hingga 15 Januari 2024” jelas pria kelahiran Magetan tersebut.

Baca Juga: PKB Raih Kursi Terbanyak, KPU Jatim Tetapkan 120 Calon Terpilih DPRD Provinsi Jawa Timur 2024-2029

Diskusi berlangsung dengan gayeng. Tampak sejumlah mahasiswa secara aktif merespon dengan mengajukan berbagai pertanyaan seputar isu-isu perkembangan kepemiluan.

Rangkaian kegiatan berlangsung selama tiga jam. Mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Turut hadir membersamai sejumlah mahasiswa, Wakil Dekan III FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur, Dr. Agus Widiyarta, S.Sos., M. Si serta Ketua BEM FISIP, Maulana Yogi Aditya Dwi Putra.(Yah

Editor : Nasirudin