Gubernur Jatim Luncurkan Gerakan Tiada Hari Tanpa Pengembangan Kompetensi ASN

Reporter : -
Gubernur Jatim Luncurkan Gerakan Tiada Hari Tanpa Pengembangan Kompetensi ASN
Dahar Ngopi

Surabaya, JatimUPdate.id,- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan gerakan 'ASN Dahar Ngopi' yang merupakan akronim dari Tiada Hari Tanpa Pengembangan Kompetensi. Peluncurannya ditandai dengan penekanan tombol di layar LED yang dilakukan di Gedung Sasana Wiyata Praja, Kantor BPSDM Provinsi Jatim, Kamis (14/9/2023).

Pada peluncuran itu, Gubernur Khofifah didampingi Kepala Kanreg II BKN, Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia Jatim, Kepala BPSDM Provinsi Jatim dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Jatim.
Gerakan 'ASN Dahar Ngopi' sendiri adalah sebuah gerakan pengembangan kompetensi yang diselenggarakan BPSDM Provinsi Jatim mulai Senin sampai Jum'at dengan beragam menu pembelajaran melalui berbagai kanal digital.

Baca Juga: Pj. Sekdaprov Bobby Dukung Penuh Konferensi ICAS Ke-13


Gerakan 'ASN Dahar Ngopi' merupakan wujud dari komitmen Pemprov Jatim pada upaya peningkatan kualitas dan kompetensi para ASN. Ini bagus sekali. Bahwa kita tidak boleh merasa sudah paling pintar. Jangan pernah lelah untuk terus belajar," kata Khofifah.

Menurutnya, gerakan 'ASN Dahar Ngopi' diluncurkan untuk melengkapi program ASN Belajar yang telah menjadi program unggulan BPSDM Jatim. Upaya meningkatkan kompetensi ASN ini sekaligus menjadi bagian mewujudkan birokrasi berkelas dunia.
"Gerakan 'ASN Dahar Ngopi' ini melengkapi program ASN belajar, sekarang tidak hanya hari Kamis, tapi mulai Senin hingga Jumat. BPSDM Jatim memiliki program pengembangan kompetensi," katanya.

Baca Juga: Raperda RTRW, Foto Bibir Pantai Berbeda, Komisi C Tantang Pemprov Jatim Foto Ulang Bersama

Khofifah menjelaskan, pada gerakan 'ASN Dahar Ngopi', setiap hari dalam sepekan akan ada kompetensi yang dikembangkan. Yakni hari Senin, forum 'ASN Berbagi Ilmu' atau knowledge sharing, sebuah wadah berbagi praktik baik tentang pelaksanaan tugas, dalam rangka percepatan replikasi kinerja unggul ASN dengan narasumber para Widyaiswara BPSDM Provinsi Jatim. Pada hari Selasa, ada forum 'ASN Bertanya, BPSDM Menjawab', merupakan program tanya-jawab tentang topik-topik terkini yang terkait dengan pengembangan kompetensi bagi ASN seluruh nusantara melalui media sosial BPSDM Jatim. Yang selanjutnya akan dijawab secara komprehenshif oleh Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur dan/atau pejabat terkait dilingkungan BPSDM Provinsi Jatim.

Lalu pada Rabu, ada kegiatan 'ASN Mengaji', sebuah upaya membangun kesalehan sosial ASN untuk mengembangkan wawasan spiritual dengan topik-topik aktual keislaman yang terkait dengan kehidupan keseharian. Nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan di Masjid Al-Huda BPSDM Provinsi Jatim dirangkai pelaksanaan sholat dzuhur berjama’ah.

Baca Juga: Peringatan Keras PJ Bupati Pidie Saat Pelantikan Administrator

"Hari Kamis ada 'ASN Belajar' yang merupakan program unggulan BPSDM Provinsi Jatim sebagai wahana pengembangan kompetensi manajerial, teknis, fungsional dan sosial kultural dengan topik-topik yang aktual sesuai dengan perkembangan mutakhir," katanya.

Dan pada Hari Jumat ada 'ASN Sehat dan Bugar' sebagai sarana pengembangan wawasan bagi ASN untuk meningkatkan perilaku hidup sehat dan bugar.(Yah) 

Editor : Nasirudin