HUT Pelindo ke -2, TPS Gelar Penanaman 200 Bibit Pohon

Reporter : -
HUT Pelindo ke -2, TPS Gelar Penanaman 200 Bibit Pohon
Kegiatan penanaman pohon yang melibatkan 100 pegawai dan didukung oleh seluruh Direksi PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Sabtu (16/9/2023).

Surabaya, JatimUPdate.id,- PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), sub holding dari Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menggelar penanaman pohon yang melibatkan 100 pegawai dan didukung oleh seluruh Direksi TPS, Sabtu (16/9/2023).

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian acara semarak Hari Ulang Tahun ( HUT ) Pelindo ke-2, dimana untuk penanaman pohon ini dilaksanakan serentak di seluruh perusahaan Pelindo grup.

Baca Juga: Pelindo dan Pemkot Surabaya Mulai Bahas Rencana Pengoperasian Fly Over Terminal Teluk Lamong

Bertepatan dengan Hari Ozone Internasional ini TPS menanam total sebanyak 200 bibit pohon. Terdiri dari 100 bibit pohon yang akan ditanam di kebun pembibitan TPS, yang lokasinya di samping gate domestik dan 100 bibit pohon akan ditanam di kampung binaan TPS di wilayah Perak Barat.

Beragam jenis bibit pohon yang ditanam oleh TPS tersebut terdiri dari mulai jenis pohon Peneduh seperti Tabebuya dan Ketepeng Kecana sampai pada jenis pohon produktif meliputi bibit pohon buah Kelengkeng, Jeruk Lemon, Jambu Kristal dan Jeruk Purut.

Dalam kesempatan ini,Direktur Utama TPS, Wahyu Widodo menyampaikan, pelaksanaan penanaman pohon ini merupakan aksi nyata dalam melestarikan lingkungan.

Baca Juga: Gandeng PT PBM Tangguh Samudera Jaya, Pelindo Terminal Petikemas Kelola Pelabuhan Tanjung Priok

Sementara menurut Wahyu Widodo, ini merupakan komitmen Perusahaan dalam mengimplementasikan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pilar pelestarian & pengelolaan lingkungan dalam mendukung terwujudnya pelabuhan berkelanjutan serta menjaga kelestarian lingkungan yang sejalan dengan program green port perusahaan.

“Saya merasa senang, TPS dapat berkontribusi pada peringatan HUT ke-2 Pelindo melalui aksi penanaman pohon, sekaligus bagian dari upaya partisipasi TPS dalam mengurangi dampak pemanasan global, serta menjawab isu dekarbonisasi yang secara tidak langsung memberikan sumbangsih bagi masyarakat,” kata Wahyu.

Terlebih kata Wahyu, TPS juga mempunyai program kerja penanaman 1000 pohon, dimana saat ini sudah tertanam 888 bibit pohon. Melalui kegiatan ini akan menambah jumlah pohon yang ditanam di TPS, menjadi 988 pohon dan semakin mendekati target penanaman 1000 pohon TPS pada tahun 2023 ini.

Baca Juga: Pelindo Jamin Layanan Prima 24/7 Selama Libur Panjang Idul Fitri

Selain mempunyai program kerja penanaman 1000 pohon,masih kata Wahyu, TPS juga melakukan perluasan area bibit mangrove dan ada penambahan jenis budidaya mangrovenya yang baru.

Sebagai salah satu anak usaha PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) yang merupakan Subholding dalam PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Grup, TPS merupakan terminal pertama di Indonesia yang menerapkan standar keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan (ISPS Code) yang mulai diterapkan sejak bulan Juli 2004. (dji)

Editor : Yuris P Hidayat