Pasien Bedah Jantung dr Soebandi Sudah Boleh Pulang

oleh : -
Pasien Bedah Jantung dr Soebandi Sudah Boleh Pulang
Silvi, Pasien Bedah Jantung dr Soebandi yang sudah boleh pulang

Jember (jatimupdate.id) - Pasien Operasi bedah jantung pertama kali, yang dilakukan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember Jawa Timur berlangsung sukses, pasien sudah diperbolehkan pulang, pada Jumat (20/05/2022) pagi. 

Pasien atas nama Silvi Dwi Ayu Mustika, warga desa Balung Lor Kecamatan Balung, telah diperkenankan kembali pulang ke rumahnya, meski masih harus menjalani rawat jalan dengan pengawasan tim dokter.

Silvi bersyukur bisa menjalani operasi bedah jantung dengan selamat. Ia juga senang ada fasilitas operasi bedah jantung di rumah sakit dr Soebandi, sehingga dirinya tidak harus berobat ke luar kota dan tidak perlu menunggu daftar antrian panjang.

Menurut penjelasan Direktur RSD dr Soebandi, dr Hendro Soelistijono bahwa RSD dr Soebandi Jember merupakan rumah sakit tipe B, yang memiliki sarana prasarana memadai. Rumah sakit itu telah membuka layanan bedah jantung dengan dibantu oleh tim dokter yang terlatih, serta pendampingan dari Rumah Sakit dr Soetomo.

"Alhamdulillah proses operasi berjalan dengan lancar, karena pasien juga sangat kooperatif," ujarnya.

Ternyata, kata dr Hendro, kasus jantung yang diderita Silvi, setelah melalui observasi kasusnya tidak sederhana, termasuk kasus yang cukup sulit.

"Beruntung, RSD dr Soebandi memiliki peralatan yang memadai, serta didukung tenaga medis yang mumpuni, sehingga proses bedah jantung berjalan dengan lancar," paparnya.

Berdasarkan pengalaman yang sudah dilalui, menurut pengamatan RS dr Soetomo, kata dr Hendro, RSD dr Soebandi sudah dinyatakan mampu.

"Tentunya juga berkat ridho Allah Subhanhu Wata'ala," katanya, seraya bersyukur.

Kedepan, lanjut dr Hendro, RSD dr Soebandi bakal mengembangkan kasus jantung anak, serta kasus jantung lainnya. 

Sebagaimana diketahui, kata dr Hendro, penanganan kasus jantung ada dua, yakni penanganan non bedah dan non bedah 

"Kalau non bidah, hingga pemasangan alat pacu jantung sudah kita lakukan, namun untuk penanganan bedah masih baru pertama kita lakukan," jelasnya.

Seperti sudah diketahui, Operasi bedah jantung pertama kali di RSD dr Soebandi mendapat perhatian khusus dari Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, yang telah memberikan motivasi kepada Silvi Dwi Ayu Mustika, juga mendoakan kelancaran operasi jantungnya, pada Sabtu (14/05/2022). (Agung)