Catatan Mas AAS

Makna Sumpah Pemuda Hari ini, Bersama Memajukan Indonesia

Editor : -
Makna Sumpah Pemuda Hari ini, Bersama Memajukan Indonesia
Mas AAS

Ajakan Sukarno beri aku 10 pemuda maka akan aku guncangan dunia. Adalah bukan sekadar ajakan absurd dan glorifikasi saja sifatnya. Ajakan itu adalah sebuah keyakinan yang begitu besar dari Presiden RI yang pertama itu, akan kekuatan dan kemampuan seorang pemuda untuk mampu berkontribusi bagi negerinya!

Dan sejarah telah banyak mencatat dan mendokumentasikan, bahwa keyakinan Sukarno itu, memang terbukti mampu diwujudkan oleh para pemuda di masa-masa awal bagaimana bangsa ini dilahirkan, didirikan! Pemuda adalah bahan bakar dari lokomotif perubahan itu sendiri! Dalam setiap era juga jaman.

Hari ini, adalah 95 tahun usia sumpah pemuda itu diperingati. Dan tetap terkonfirmasi dalam setiap gerak dan langkahnya, setiap anak bangsa dan pemuda di negeri ini selalu dapat tampil di depan dalam memberikan perubahan bagi negeri. Dalam segala bidang, dapat kita tengok serta simak kreatifitas dan inovasi mereka untuk terus memperbaiki diri untuk membawa perubahan positif dimana saja ia berada, bekerja, dan mengabdi pada kehidupan ini, di negeri tercinta, INDONESIA!

#Sejarah singkat sumpah pemuda

Melansir dari situs resmi Museum Sumpah Pemuda, gagasan hari Sumpah Pemuda berawal dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang merupakan organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia. Organisasi mulai merencanakan Kongres Pemuda Kedua yang bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia. Dari pertemuan itulah dilakukan kesepakatan bahwa Kongres Pemuda Kedua akan diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 2928. Dan untuk seterusnya menjadi cikal-bakal hari Sumpah Pemuda diperingati pada setiap tahunnya, yaitu pada tanggal tersebut.

Dan kita tentu mafhum bagaimana pemuda itu sudah bergerak, bersatu, berkolaborasi, begitu sangat banyak yang bisa dilakukan oleh mereka untuk sebuah negeri.

#Makna sumpah pemuda hari ini.

Dilansir dari buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kemenpora. Tema hari Sumpah Pemuda yang diusung tahun ini adalah: "Bersama Majukan Indonesia!" Dari tema ini terdapat tiga makna yang terkandung di dalamnya, diantara nya adalah:

1. Membangun semangat kolaborasi dari semua elemen bangsa dalam memajukan Indonesia.

2. Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestra gerak langkah melalui serangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 sehingga tercipta pemuda maju.

3. Meraih peningkatan indeks pembangunan pemuda melalui kerjasama lintas kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah.

Lebih jauh, spesifik, hakekat makna sumpah pemuda adalah : untuk membangkitkan kesadaran seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu.

Dengan adanya sumpah pemuda ini, diharapkan perjuangan rakyat Indonesia saat itu tidak bersifat kedaerahan lagi, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat.

Keren ya para PEMUDA INDONESIA saat itu? Bagaimana dengan pemuda Indonesia yang sekarang? Masak kalah, dan hanya puas untuk menjadi pembaca buku sejarah saja, atas kehebatan Pemuda di masa lalu, upps!


AAS, 28 Oktober 2023
Kota pahlawan Surabaya