Walikota Surabaya Sambut Baik Dibukanya Prodi S2 Terapan di ITS

oleh : -
Walikota Surabaya Sambut Baik Dibukanya Prodi S2 Terapan di ITS
Walikota Surabaya memenuhi undangan Halal-Bihalal Ikatan Alumni ITS Manyar Sabtu (21/05/22)

SURABAYA ( Jatimupdate.id )-Walikota Surabaya sambut baik dibukanya Prodi S2 Terapan di ITS. Eri Cahyadi, Walikota Surabaya  mempertimbangkan untuk mendorong dan menugaskan jajaran di lingkungan Pemkot Surabaya untuk bisa studi lanjut di prodi ini. Karena disadari pentingnya instansi pemerintah maupun swasta untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) di bidang Rekayasa Perawatan & Restorasi Bangunan Sipil. Hal ini sangat penting agar setiap instansi terhindar dari bahaya kerusakan & kerugian akibat kegagalan konstruksi, terutama selama masa umur layan bangunan sipil dan/atau fasilitas publik lainnya.

Kegagalan struktur bangunan menjadi pelajaran berharga bagi engineer di bidang rekayasa sipil. Mereka tidak cukup hanya dibekali ilmu merencana atau merancang bangunan sipil saja, akan tetapi perlu mempelajari bagaimana melakukan rekayasa perawatan dan restorasi bangunan sipil untuk keamanan dan kenyamanan selama umur layan bangunan, ujar Dr. Nur Achmad Husin, selaku Kaprodi S2 Terapan RPRBS. Apalagi hingga hari ini, SDM Indonesia dikenal pinter membangun, tapi tidak pinter merawat, termasuk dalam konteks infrasturtur atau bangunan sipil.

Gayung bersambut dari Pemerintah Kota Surabaya atas pendirian Program Studi Magister (S2) Terapan ini saat diskusi santai sambal cangkruan di Gazebo Taman Kampus ITS Manyar. Selain untuk memenuhi undangan Halal-Bihalal Ikatan Alumni ITS Manyar, Walikota Surabaya hadir untuk melepas kerinduan bernostalgia, berkumpul dan bersenda-gurau bersama teman-teman se-angkatannya di Kampus ITS Manyar.   

Eri Cahyadi menekankan bahwa mindset perawatan dan pemeliharaan bangunan sipil perlu semakin diperkuat pada masa saat ini dan mendatang. Dimana banyak aset infrastruktur seperti gedung-gedung, jembatan, dan infrstruktur lainnya yang semakin "berumur" memerlukan penangananan khusus, baik dari sisi pendekatan teknis atau manajerialnya. Utamanya untuk mempertahankan fungsi gedung agar tetap memenuhi kelayakan fungsinya.

Untuk itu, selanjutnya Eri Cahyadi mempersilahkan pihak Kampus ITS untuk dapat memberikan paparan lebih lanjut program studi magister terapan tersebut di kantor Pemkot. Utamanya agar bisa sinergi dengan program peningkatan kapasitas SDM Pemerintah Kota Surabaya pada jenjang level magister Terapan.

 Di samping itu, bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih detail mengenai Program Magister Terapan (S2) Rekayasa Perawatan dan Restorasi Bangunan Sipil dapat mengunjungi laman: https://www.its.ac.id/tis/id/akademik/program-studi/magister-terapan/