Pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten Probolinggo Tulungagung Periode 2024-2029

Reporter : -
Pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten Probolinggo Tulungagung Periode 2024-2029
Tim sel saat pembekalan di Jakarta

Surabaya, JatimUPdate.id,- Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung Periode 2024-2029 membuka pendaftaran.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1667 Tahun 2023 tentang Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Pada 1 (Satu) Provinsi Dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Pada 58 (Lima Puluh Delapan) Kabupaten/Kota di 13 (Tiga Belas) Provinsi Periode 2024 – 2029, mengundang dan membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPU Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga: KPU Jatim Terima Kunjungan Dik Sespimti Polri Dikreg Ke-33 TA 2024

Seleksi Anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung akan dimulai pembukaan pendaftaran tanggal 26 November dan berakhir 7 Desember 2023.

Tim seleksi Anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung terdiri dari lima (5) anggota dan diketuai oleh Arief Supriyono, S.E, S.H., M.M. diberikan amanah untuk mensosialisasikan dan membuka pendaftaran Seleksi Anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung.

Tugas Timsel dimulai pada tahap Pengumuman Pendaftaran pada tanggal 26 November 2023 sampai dengan Penyampaian Nama Calon Anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung kepada KPU paling akhir tanggal 16 Januari 2023.

Timsel akan memulai seleksi calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung dengan membuka, menerima pendaftaran dan melakukan penelitian administrasi bakal calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung. Dilanjutkan dengan
menilai dokumen persyaratan bakal calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung, jika semua sudah memenuhi syarat Timsel mengumumkan hasil penelitian administrasi bakal calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung.

Sesuai dengan Tahapan Seleksi, Timsel KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung akan melakukan tahapan-tahapan seleksi mulai dari ujian tertulis, kesehatan jasmani, psikologi dan wawacara. Pada akhir seleksi akan memilih masing-masing 10 (sepuluh) calon anggota KPU (dua kali jumlah calon anggota KPU Kabupaten/Kota) yang nantinya akan disampaikan kepada KPU RI.

Baca Juga: Peserta Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Periode 2024-2029 Bersaing Ketat Lewat Tes Wawancara

Untuk menunjang tertib administrasi dalam pendaftaran calon KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung setiap pendaftar wajib memiliki akun elektronik dan teknologi informasi dalam proses seleksi dan dokumentasi data penyelenggara Pemilu dan Pemilihan yang dimiliki KPU yaitu Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Untuk mendapatkan calon anggota komisoner KPU yang kredibel, jujur dan adil dalam tahapan seleksi, masyarakat diharapakan terlibat aktif dengan melakukan klarifikas dan juga saran serta masukan atas calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung.

Salah satu kesuksesan seleksi adalah adanya keseimbangan gender, untuk pendaftar juga diminati oleh para perempuan. Dengan begitu keterwakilan perempuan 30 persen dalam seleksi bakal
calon anggota KPU Provinsi diharapkan dapat terpenuhi.

Baca Juga: Masa Kerja Tinggal Dua Bulan, Tiga PAW Anggota KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur Resmi Dilantik

Kelengkapan dokumen persyaratan bakal calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo dan KPU Kabupaten Tulungagung dapat dicermati pada laman KPU Provinsi Jatim. Adapun alamat KPU Provinsi Jatim: https://jatim.kpu.go.id/.

Dalam proses pendaftaran bakan calon anggota wajib melakulan pengunggahan dokumen
persyaratan melalui laman siakba.kpu.go.id; dan penyerahan dokumen fisik secara langsung atau melalui jasa ekspedisi ke alamat Sekretariat Tim Seleksi yaitu Hotel Luminor, Jl. Raya Jemursari No. 206-208, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur 60292 Lantai 15; Kontak : 081996632113.

Waktu pengisian dan pengunggahan dokumen persyaratan melalui siakba.kpu.go.id dimulai sejak tanggal Pengumuman ini sampai dengan tanggal 7 Desember 2023 pukul 23.59 WIB. Pada tanggal 26 November – 6 Desember 2023 penerimaan dokumen fisik dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB dan untuk tanggal 7 Desember 2023 penerimaan dokumen fisik dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 23.59 WIB. (Yah)

Editor : Nasirudin