Pernikahan Ketua MK-Adik Jokowi

Panglima TNI dan Mensesneg Jadi Saksi, Jokowi Yang Menikahkan

oleh : -
Panglima TNI dan Mensesneg Jadi Saksi, Jokowi Yang Menikahkan
ijab kabul

JAKARTA(JATIMUPDATE.ID)-Pernikahan Ketua (Mahkamah Konstitusi) Anwar Sanusi dengan adik Presiden Joko Widodo, Idayati, dilangsungkan di Solo hari Kamis (26/05/2022). Dalam akad nikah nanti, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi saksi.

"Saksi dari pihak perempuan Bapak Pratikno, dari pihak laki-laki Pak Andika Perkasa," kata Kepala KUA Banjarsari Kota Surakarta Arba'in Basyar di Solo, kemarin.

Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menikahkan sendiri adiknya Idayati dengan Anwar Usman, saat ijab kabul Kamis (26/5) mendatang. Sementara penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari maupun dari Kementerian Agama (Kemenag) hanya memandu prosesi ijab.
"Yang memandu saya, kalau yang menikahkan Bapak Jokowi sendiri," ungkap Arba'in Basyar. 

Basyar menambahkan, Presiden Jokowi menghendaki sendiri untuk menikahkan adiknya sendiri. "Beliau yang menghendaki untuk menikahkan adiknya sendiri," ujarnya.

Geladi bersih pernikahan ini akan diadakan hari Rabu (25/05/2022) . Arba'in Basyar menyatakan belum bisa memastikan apakah kedua tokoh itu akan datang dalam acara geladi bersih itu. Sebelumnya, pada kunjungannya ke Solo hari Minggu 22/05/2022) Anwar Usman mengatakan bahwa salah satu yang dilakukan adalah mengurus persiapan pernikahan keduanya. "Saya diminta datang (oleh KUA, red.) ya saya datang. Memenuhi panggilan KUA dan putri Solo," katanya.

Anwar mengaku tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. bahkan Ia juga mengaku tidak merasakan grogi menjelang hari pernikahan. "Biasa saja, ini kan melaksanakan sunah Rasul," katanya.

Bahkan Anwar Usman berencana mengajak istrinya tinggal bersama di Jakarta usai menikah. "(Tinggal) di Jakarta, kantor MK kan hanya satu (di Jakarta). Kalau kantor MK-nya di Solo lebih senang saya," kelakar Anwar. (Yok)