Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Penumpang 24%

Reporter : -
Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Penumpang 24%
Penumpang Kapal di Pelabuhan Perak

Surabaya, JatimUPdate.id,- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 mencatat kenaikan jumlah arus penumpang sebesar 24% atau 338 ribu penumpang pada periode H-15 hingga H+8 libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 255 ribu penumpang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki. Menurutnya jumlah tersebut merupakan data arus penumpang nataru yang terdiri dari 159 ribu Penumpang Embarkasi dan 178 ribu penumpang Dembarkasi

Baca Juga: Pelindo dan Pemkot Surabaya Mulai Bahas Rencana Pengoperasian Fly Over Terminal Teluk Lamong

Peningkatan penumpang Nataru 2023 tersebut didorong oleh sejumlah faktor, antara lain membaiknya kondisi pandemi COVID -19 di Indonesia, dan libur nataru yang berdekatan sehingga berdampak pada tingginya permintaan masyarakat untuk melakukan perjalanan pada periode Nataru

“Kenaikan ini sebenarnya sudah kami prediksi bersama dengan KSOP dengan menyiapkan terminal-terminal yang diprediksi akan menampung lonjakan penumpang, alhamdulillah kami bisa melayani arus mudik nataru ini dengan baik”. Ujar Ardhy

Ardhy menambahkan kenaikan penumpang tersebut terjadi di hampir 20 cabang pelabuhan dibawah operasional Pelindo Regional 3, diantaranya  Pelabuhan Tanjung Celukan Bawang, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Trisakti, hingga Pelabuhan Kupang.

Baca Juga: Gandeng PT PBM Tangguh Samudera Jaya, Pelindo Terminal Petikemas Kelola Pelabuhan Tanjung Priok

Salah satunya di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pada H+8 Nataru, Jumlah penumpang embarkasi dan dembarkasi mencapai 101 ribu pada tahun 2023 ini. Atau naik tajam 24% dari tahun sebelumnya 77 ribu penumpang.

“Pelabuhan Perak menanjadi pelabuhan tersibuk pada Nataru tahun ini, penumpang yang hilir mudik didominasi dari dan menuju wilayah timur, seperti Kupang, Maumere dan Ende”. Pungkas Ardhy Wahyu Basuki

Tak hanya dalam momen Nataru, dalam hal pelayanan Pelindo menyampaikan pihaknya terus berkomitmen memberikan layanan terbaik dan efisien kepada pengguna jasanya termasuk para penumpang moda transportasi laut. (NT)

Baca Juga: Pelindo Jamin Layanan Prima 24/7 Selama Libur Panjang Idul Fitri

Editor : Yuris P Hidayat