Pendaftaran Pengawas TPS Untuk Pemilu 2024 Berakhir Hari Ini

Reporter : -
Pendaftaran Pengawas TPS Untuk Pemilu 2024 Berakhir Hari Ini
Pendaftaran Pengawas TPS Di Kabupaten Bondowoso

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Menjelang tahapan pemungutan suara, pada 14 Februari 2024, Panwaslu Kecamatan Bondowoso melakukan perekrutan Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di wilayah kecamatan Bondowoso. Dan saat ini sudah masuk hari ke empat sejak jadwal penerimaan berkas pendaftaran. Hal ini seusai dengan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor : 504/KP.01/K1/12/2023 Tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Penggantian Antarwaktu Pengawas Tempat Pemungutan Suara dalam pemilu 2024.

Tahapan perekrutan ini sudah dimulai yaitu adanya sosialisasi dan pemberitahuan ke masyarakat publik, sejak 19-31 Desember 2023. Kemudian dibuka pendaftaran dan penerimaan berkas tanggal 2-6 Januari 2024.

Baca Juga: Keterbukaan Diperlukan dalam Mekanisme Penetapan Panwascam Existing untuk Pilkada 2024 di Bondowoso

"Kita melakukan perekrutan petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) se wilayah kecamatan Bondowoso, hari ini kita sudah memasuki hari ke 4, dan besok hari terakhir dalam masa pendaftaran." Jelas Aris, selaku kordiv SDM dan Datin Panwaslu Kecamatan Bondowoso yang juga sebagai ketua panwascam Bondowoso.

Hingga Jum'at siang, jumlah pendaftar PTPS sudah mencapai 212, dan kebutuhan petugas sebanyak 222, yang tersebar di 11 kelurahan/ desa. Dan besok Sabtu 6 Januari jadwal hari terakhir pendaftaran.

Baca Juga: Kapolda Jatim Terima PWI Jatim Award, Buah Kondisifitas Pemilu 2024

Diperkirakan jumlah pendaftar akan terus bertambah, sampai hari terakhir pendaftaran. Mengingat antusiasme masyarakat untuk menjadi petugas PTPS, dan sosialisasi yang dilakukan oleh panitia sangat aktif.

"Kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas terkait perekrutan ini, kita minta kepada jajaran kita pengawas yang ada di desa/ kelurahan untuk aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, selain itu kita berkordinasi dengan pihak desa kelurahan juga untuk membantu memberitahukan kepada warga adanya perekrutan PTPS", ungkap Aris.

Baca Juga: Jaga Kondusifitas Pemilu 2024, Adhy Karyono Terima PWI Jatim Award 2024

Perekrutan PTPS ini juga dilakukan di seluruh wilayah kecamatan se Indonesia. Bahwa berdasarkan aturan, PTPS harus terbentuk 23 hari sebelum masa pemungutan suara.
Untuk selanjutnya, menurut kordiv SDM Panwascam Bondowoso, nama nama yang lolos seleksi Administrasi akan diumumkan pada 10 Januari, dan yang berkas lengkap akan di lakukan wawancara. Kemudian akan ditetapkan antara tanggal 19-21 Januari, dan dilakukan pelantikan pada 22 Januari 2024.

"Kita menjalankan perekrutan ini sesuai dengan juknis dan aturan dari Bawaslu, kita berharap bisa mendapatkan petugas yang berintegritas, profesional dan bisa menjalankan tupoksi dengan baik, untuk mensukseskan pemilu." Pungkasnya.(AR)

Editor : Yuris P Hidayat