Teken MoU dengan PLN, Pemkab Lamongan Konsen ke PJU

Reporter : -
Teken MoU dengan PLN, Pemkab Lamongan Konsen ke PJU
Keterangan foto: Penandatangan MoU antara Pemkab Lamongan dengan PLN untuk proyek PJU di wilayah Lamongan, Senin (1/8/2024) ZR

Lamongan, JatimUPdate.id,- Setelah sukses merealisasikan program prioritas infrastruktur jalan mantap dan alus Lamongan atau Jamula, Pemerintah Kabupaten Lamongan memprioritaskan pemasangan penerangan jalan umum (PJU).

Pemkab Lamongan bersama PT PLN (Persero) unit induk distribusi Jawa Timur Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, dan Sidoarjo telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), Senin (8/1/2024) di ruang Command Center Pemkab Lt.3.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Resmikan Gedung dan Asrama SMKN Maritim di Lamongan

Menurut Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, pemerintah harus memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti pembangunan jalan yang layak untuk mendukung mobilisasi masyarakat sehari-hari. "Tidak hanya pembangunan jalan saja, Pemkab Lamongan juga akan memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang PJU," katanya.

Menurut orang nomor 1 di Kota Soto, PJU merupakan salah satu pendukung keselamatan masyarakat dalam berkendara.

"Seiring dengan berkembangnya zaman, listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Melalui kerjasama ini kami akan terus mendorong supaya pemanfaatan listrik lebih tertib lagi," ungkapnya.

MoU yang berisi tentang sinergi peningkatan pembangunan dan pelayanan publik serta pelaksanaan pemungutan dan penyetoran pajak dan barang jasa tertentu atas tenaga listrik ini sesuai dengan Undang Undang nomor 1 Tahun 2022 dan Perda nomor 10 Tahun 2023 tentang pajak Daerah dan retribusi Daerah.

Baca Juga: Kementan Tingkatkan Produksi Jagung Nasional, Lamongan Jadi Andalan

Disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lamongan Pujo Broto Iriawan Putra, PAD penerangan lampu jalan tahun 2023 melalui target. Hasil yang mampu dicapai sebesar Rp 69,90 Miliar dari target Rp 66 Miliar.

"Alhamdulillah Kabupaten Lamongan mampu melampaui target pada tahun 2023, semoga PAD penerangan lampu jalan tahun 2024 yang ditargetkan 86 Miliar juga mampu terealisasi," kata Pujo.

Manager PLN UP3 Bojonegoro, Cynthia Dewi Ariyani berharap agar kerjasama ini tidak hanya untuk meningkatkan PAD dan penertiban pemakaian listrik. Namun juga melakukan perluasan ke daerah-daerah Lamongan yang membutuhkan listrik. Karena saat ini listrik salah satu pendukung berkembangnya potensi masyarakat. (ZR)

Baca Juga: Kades dan Camat di Lamongan Diberi Pemahaman oleh Anggota Komisi IX DPR RI Tentang ini

Editor : Nasirudin