Desa Curahpoh Bondowoso Bersama 24 Desa Lainnya Ditetapkan Sebagai Desa Tangguh Bencana

Reporter : -
Desa Curahpoh Bondowoso Bersama 24 Desa Lainnya Ditetapkan Sebagai Desa Tangguh Bencana
Kalaksa BPBD Kabupaten Bondowoso, Dadan Kurniawan

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Desa Curahpoh, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso bakal ditetapkan menjadi Desa Tangguh Bencana (Destana). penobatan tersebut berkat partisipasi dan kewaspadaan warga desa karena sering terkena bencana banjir. 

Penobatan Destana itu lantaran Desa Curahpoh masuk dalam kategori Rawan bencana, utamanya bencana Banjir. Bersadarkan Data yang disebutkan BPBD, Desa Curahpoh terakhir dilanda banjir pada 2023 kemarin.

Baca Juga: Kalaksa BPBD Jatim Kunjungi Dan Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir Kabupaten Pasuruan

Menurut Kalaksa (Kepala pelaksana) BPBD Kabupaten Bondowoso, Dadan Kurniawan saat dikonfirmasi menjelaskan, sejak 2015 hingga 2023, jumlah Destana di Kabupaten Bondowoso berjumlah 24 Desa yang tersebar di 23 Kecamatan.

Dari 24 Desa itu, ada beberapa Desa yang dibentuk sebagai Destana dari Provinsi. "Tentunya beberapa Desa telah menjadi prioritas kami untuk dimasukan menjadi Desa Tangguh Bencana (Destana), salah satunya Desa Curahpoh ini," ungkapnya, Jumat (12/1/2024).

Kemudian, Dadan berharap, nantinya Desa Curahpoh diharapkan bisa memberikan Replikasi kepada Desa-desa lain, utamanya Desa yang rawan bencana.

Baca Juga: Ketua Jatim Beragam: Performa Ganjar saat debat tampak matang

Ditambahkan Dadan, saat ini Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) dari seluruh Lintas sektoral melaksakan Karya Bhakti dengan melibatkan ratusan peserta, termasuk masyarakat setempat.

"Saat ini lebih kurang ada 400 orang dari lintas sektoral terlibat dalam kegiatan Karya Bhakti ini," tandasnya.

Baca Juga: Bawaslu Bondowoso Gelar Pelatihan Saksi Partai Politik

Dengan dilaksanakannya kegiatan Karya Bhakti ini, Dadan berharap bisa memberikan dampak siginifikan terhadap lingkungan di Desa Curahpoh dan sekitarnya agar teratasi dari bencana. (AR)

Editor : Nasirudin