Universitas Negeri Surabaya

Lulus Magister Cukup 10 Semester

oleh : -
Lulus Magister Cukup 10 Semester
Foto Unesa

SURABAYA(Jatimupdate.id)-Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berencana mengadakan perkuliahan sistem fast track untuk S1 dan S2. Artinya, mahasiswa yang masuk kategori bisa menempuh program S1 dan S2 secacara langsung. 

"Estimasinya, dalam waktu 5 tahun alias 10 semester, mahasiswa bisa langsung lulus magister," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Bambang Yulianto, seperti melansir laman Unesa, Senin (30/5/2022). Menurut Guru Besar Linguistik Unesa itu, karena kuliah fast track terbilang jalur khusus tentu kurikulumnya dan pembinaan khusus, pembelajarannya khusus, pembiayaannya pun khusus. "Kita akan merangkul S1 dan S2 dalam satu sistem pendidikan. Itu perlu dirancang dan perlu pemikiran mendalam untuk menyiapkannya," ujar dia. Prof. Bambang menjelaskan, mengacu beberapa kampus lain, baik dalam dan luar negeri serta berdasarkan pertimbangan kebutuhan saat ini, nantinya ada 2 skema fast track yang bisa dilakukan di Unesa.

Pertama, S1 dan S2 dalam negeri. "Bisa S1 dan S2 di Unesa, bisa juga S1 di Unesa dan S2 di kampus lain dengan prodi yang linear," jelas dia. "Kedua, S1 di Unesa dan S2 di kampus luar negeri," tambah dia.
Untuk sampai ke sana, Unesa perlu menyiapkan banyak hal, yakni:
1. Kesiapan prodi S1 dan prodi Pascasarjana Unesa.

2. Menjalin kerja sama atau berkoordinasi dengan perguruan tinggi mitra dalam dan luar negeri yang memiliki prodi terkait.

3. Merancang kurikulum termasuk sistem pembelajaran dan pembinaannya.

"Selain program fast track untuk S1 dan S2. Ke depan juga direncanakan program double degree baik untuk program magister maupun doktor dengan perguruan tinggi luar negeri," ungkap dia.

Program fast track banyak dijalankan di perguruan tinggi luar negeri. Di Indonesia, sudah ada beberapa kampus yang menerapkan sistem kuliah fast track, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) hingga Institut Teknologi Bandung (ITB).
Masih kata Prof Bambang, ada yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu secara matang guna menyukseskan program kuliah fast track S1 dan S2, yakni kurikulum termasuk skema kerja samanya dengan mitra.
"Tujuannya bukan hanya untuk menyediakan sistem kuliah cepat, tetapi juga memastikan generasi yang memiliki keunggulan bisa belajar lebih cepat dengan jalur dan treatment yang tepat pula," ujarnya dia. (Yok)