Awas, Kabel listrik Tertimpa Pohon Segera Lapor 123

Reporter : -
Awas, Kabel listrik Tertimpa Pohon Segera Lapor 123
Petugas PLN melakukan perawatan jaringan

Surabaya, JatimUPdate.id,- Kondisi musim hujan Ekstrem yang saat ini melanda di berbagai daerah di Jawa Timur berdampak pada pasokan kelistrikan kepada pelanggan.

Menindaklanjuti prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait adanya peningkatan cuaca ekstrem, General Manager PT PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati.

Baca Juga: Dukung Pengembangan Bawang Merah di Pidie, PLN UP 3 Sigli Sediakan Listrik

"Jika masyarakat menemukan kondisi berbahaya seperti pohon, spanduk, baliho yang roboh mengenai jaringan listrik PLN, mohon untuk tidak langsung melakukan evakuasi dengan pemotongan pohon sendiri karena sangat berpotensi bahaya. Segera laporkan kepada kami melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123," pintahnya.

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bergerak cepat memulihkan jaringan listrik sekaligus mengamankan Instalasi kelistrikan di daerah terdampak pada awal tahun 2024 ini.

Hal ini disampaikan General Manager PT PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo melalui release media yang diterima redaksi jatimupdate.

Beberapa daerah yang mengalami gangguan jaringan kelistrikan akibat cuaca ekstrem ini antara lain Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pasuruan dan Kota Surabaya.

Baca Juga: Peran Proaktif PLN dalam Mendorong Energi Terbarukan pada KTT WWF ke-10

“Kami telah menyiapkan ratusan personel untuk siap siaga bergerak cepat mengamankan jaringan kelistrikan yang terdampak cuaca ekstrem. Tidak hanya personel, kami juga menyediakan perlengkapan pendukung dengan jumlah yang cukup untuk mempercepat penormalan pasokan listrik," kata Agus.

Oleh sebab itu, masih kata Agus. Pihaknya langsung berkoordinasi secara aktif dengan Stakeholder terkait seperti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Probolinggo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta unsur dinas terkait sebagai upaya preventif terhadap dampak dari cuaca ekstrem yang mungkin terjadi.

Seperti di Kabupaten Probolinggo, lanjut Agus.Hujan disertai angin kencang menyebabkan 6 (enam) tiang listrik Tegangan Menengah roboh (09/01). Hal ini berdampak pada terganggunya suplai listrik untuk 14.668 pelanggan yang tersebar di 3 (tiga) desa.

Baca Juga: Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Selama Idulfitri 2024

":PLN menerjunkan beberapa Tim Korektif untuk mempercepat perbaikan mengingat medan yang cukup sulit dan tidak dapat diakses oleh alat berat," tandasnya.

Sedangkan di Kabupaten Pasuruan,imbuh Agus.Tepatnya di Kecamatan Pandaan, sebanyak 90 trafo yang menyuplai listrik untuk 10.374 pelanggan di Desa Arjosari, Desa Tawangsari, Desa Baran dan Desa Karanbangkal mengalami gangguan akibat cuaca ekstrem (19/01/2024).(Dji)

Editor : Nasirudin