Bulan K3 Nasional

DK3P Jatim Gelar Aksi Peduli K3

Reporter : -
DK3P Jatim Gelar Aksi Peduli K3
Dewan K3 Provinsi Jawa Timur (DK3P Jatim) menggelar kegiatan Aksi Peduli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Car Free Day Taman Bungkul Surabaya Minggu (28/1/2024).

Surabaya, JatimUPdate.id,- Dewan K3 Provinsi Jawa Timur (DK3P Jatim) menggelar kegiatan Aksi Peduli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Car Free Day Taman Bungkul Surabaya Minggu,(28/1/2024). Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian dari peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2024.

DK3P Jatim menjadikan aksi peduli K3 ini sebagai wahana bersama untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menciptakan tempat kerja yang lebih aman dan sehat. Dengan melibatkan masyarakat dan berkolaborasi dengan stakeholder, aksi ini menciptakan suasana yang meriah, interaktif, dan informatif.

Baca Juga: Yuhronur Dan 47 Perusahaan di Lamongan Dianugerahi Penghargaan K3 2023

“Kegiatan Aksi Peduli K3 ini sebagai momentum untuk mengajak seluruh masyarakat agar berperilaku hidup sehat dan selalu memperhatikan keselamatan, karena bahaya ada di sekitar kita” kata Edi Priyanto, Wakil Ketua DK3P Jatim yang turut hadir ditengah-tengah acara.

“Dalam kegiatan ini digelar berbagai acara yang menarik diantaranya senam zumba, kampanye keselamatan, pemeriksaan kesehatan gratis, games dan doorprize, serta bagi-bagi minuman gratis untuk masyarakat” jelas Edi.

Kegiatan Aksi Peduli K3 berlangsung ramai dan meriah yang diikuti oleh ratusan masyarakat di Kota Surabaya. Dalam kegiatan juga melibatkan puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Jawa Timur.

Beberapa kampus di Jawa Timur yang terlibat seperti dari Institut Sepuluh November Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Politeknik Negeri Perkapalan Surabaya (PPNS), Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Universitas Gresik, Politeknik Kesehatan Malang, Poltekkes Kerta Cendekia, Universitas Muhammadiyah Gresik, dan Poltekkes Surabaya.

"Generasi muda harus menjadi agen perubahan yang dapat memengaruhi teman sebaya dan masyarakat umum. Karena dengan keterlibatan perwakilan mahasiswa tersebut maka pesan-pesan keselamatan dan kesehatan dapat disampaikan secara lebih efektif”, jelas Edi.

Edi lebih lanjut merinci bahwa generasi muda memberikan peran sebagai fasilitator untuk memberikan informasi tentang manfaat aktivitas fisik, keamanan berkendara, dan pentingnya mempertahankan kesehatan.

Baca Juga: Dorong Budaya K3, DK3P Jatim Geber Kegiatan Selama Bulan K3 2024

“Kegiatan yang dilakukan saat Car Free Day sendiri menciptakan lingkungan yang mendukung promosi gaya hidup sehat dan aktif. Keterlibatan generasi muda dalam kampanye keselamatan dan kesehatan pada Car Free Day dapat menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan penting kepada masyarakat sekitar" kata Edi

Aksi peduli K3 diawali dengan kegiatan senam pagi bersama. Kegiatan berlangsung penuh semangat sehingga membuat acara ini berhasil menjadi sorotan. Setelah senam selesai, para peserta mendapatkan minuman dan pemeriksaan kesehatan gratis. Sembari mengantri pemeriksaan kesehatan, para peserta diberikan sosialisasi terkait K3 dan kuis berhadiah.

Kampanye K3 juga dilakukan melalui kegiatan safety campaign secara berkeliling dengan membawa poster K3 dan peserta akan bergantian menyerukan jargon serta memperagakan implementasi K3 yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Kampanye ini diikuti oleh masyarakat, perusahaan, dan delegasi mahasiswa.

“Kami selaku delegasi mahasiswa K3 Unair sangat senang dilibatkan di acara seperti ini. Saya berharap dengan adanya kampanye ini masyarakat bisa lebih mengenal dan peduli mengenai penerapan K3, tidak hanya di tempat kerja tapi di setiap aktivitas sehari-hari” ungkap Daffa, seorang mahasiswa dari Unair.

Baca Juga: Penerapan K3 Jamin Keberlangsungan Usaha

“Harapan saya Dewan K3 Jatim bisa lebih sering untuk mengadakan event seperti ini untuk tes kesehatan gratis dan sosialisasi K3 secara berkala di masyarakat agar lebih mengenal K3, karena saya sendiri selama ini baru mengetahui apa itu K3 dan material-material yang berbahaya setelah ada event ini” jelas Farandi, warga Surabaya yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Aksi Peduli K3 yang diadakan di Car Free Day Taman Bungkul berhasil menciptakan momentum positif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam penerapan K3 baik dalam lingkungan kerja maupun kehidupan sehari-hari.

“Dengan semangat yang tinggi dari partisipan, diharapkan upaya ini dapat berlanjut ke tingkat implementasi di tempat kerja dan menjadi dasar bagi budaya keselamatan yang lebih baik di masa depan. Aksi Peduli K3 bukan hanya sebuah acara, melainkan langkah bersama menuju lingkungan kerja yang lebih aman dan sehat” pungkas Edi Priyanto. (YH)

Editor : Nasirudin