Musim Haji

Suhu Bisa 45 C, Banyak Minum Jangan Tunggu Haus

oleh : -
Suhu Bisa 45 C, Banyak Minum Jangan Tunggu Haus
Suhu musin haji 2022 lebih panas dibanding suhu 2019

JAKARTA(Jatimupdate.id)-Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana mengingatkan para jamaah haji untuk mewaspadai suhu udara di Arab Saudi selama bulan Juni-Juli 2022.

Ia mengatakan, selama pelaksanaan haji, suhu udara di Arab Saudi rata-rata mencapai 42-45 derajat Celcius. Oleh karenanya, Budi meminta jamaah untuk tak menunda minum air agar terhindar dari dehidrasi. "Jangan tunggu haus, sebab suhu harian di Arab Saudi rata-rata 42-45 derajat Celcius, ini suhunya lebih panas dari tahun 2019," kata Budi di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/05/2022).

Budi mengatakan, para jamaah tak akan merasakan diri mereka sedang dehidrasi, karena kelembapan yang rendah di Arab Saudi membuat tubuh tidak berkeringat saat beraktivitas. Padahal, dalam kondisi tersebut, jemaah mudah mengalami dehidrasi. "Itu paling utama dehidrasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi meminta jemaah menghindari kegiatan yang tidak perlu selama pelaksanaan ibadah haji seperti berbelanja dan umrah berkali-kali. "Jadi kita minta jamaah untuk fokus dulu ke wajib ibadah hajinya, setelah itu baru perbanyak ibadah yang lain," kata dia.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, hingga saat ini sekitar 95 persen jamaah calon haji yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. "Sudah hampir 95 persen jamaah calon haji yang sudah vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua," kata Kunta.

Kunta mengatakan, meski pemerintah Arab Saudi hanya mensyaratkan vaksinasi dosis satu dan dosis dua, namun pihaknya juga mendorong jamaah calon haji mendapatkan vaksinasi booster. (Yok)