Kodam V/Brawijaya renovasi 1.972 unit rumah tidak layak huni di Jawa Timur

oleh : -
Kodam V/Brawijaya renovasi 1.972 unit rumah tidak layak huni di Jawa Timur
Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki, meletakkan pemasangan batu pertama di rumah milik Suwarti yang akan direnovasi melalui program renovasi Rutilahu serentak di wilayah Jawa Timur .

Probolinggo (Jatimupdate.id) - Kodam V/Brawijaya renovasi 1.972 unit rumah tidak layak huni di Jawa Timur . Launching pencanangan program renovasi Rutilahu serentak di wilayah Jawa Timur oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto dari Kabupaten Probolinggo telah dilakukan pada Selasa (24/5/2022) siang.

Program renovasi Rutilahu yang dilakukan merupakan hasil kerjasama antara Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya.

Untuk itu, Pangdam memberikan  apresiasinya kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pemprov Jatim. "Saya mengapresiasi kepada Gubernur dan seluruh jajaran Pemprov Jatim yang telah mendukung penuh kegiatan ini," katanya dalam sambutannya, Selasa (24/5/2022) siang.

"Tak terkecuali kepada seluruh instansi terkait lainnya, Pemda di Jawa Timur dan komponen masyarakat lainnnya yang juga telah mendukung," imbuhnya.

Pangdam mengungkapkan, program itu rutin dilakukan setiap tahunnya di Jawa Timur. Tahun ini ada 1.972 unit rumah yang akan dilakukan renovasi dan tersebar di 11 Kodim di jajaran Kodam V/Brawijaya.

"Selain renovasi Rutilahu, juga ada sasaran lainnya yakni jambanisasi sebanyak 210 unit di 4 Kodim. Ini merupakan jumlah luar biasa, dukungan Pemprov Jatim yang bekerjasama dengan kodam V/Brawijaya," bebernya.

"Ini upaya kami Kodam V/Brawijaya, Pemprov dan Pemda di Jatim untuk sama-sama membantu masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni dan rumah yang tidak ada sanitasinya. Kita ingin bantu itu," lanjutnya.

Kepada masyarakat penerima renovasi, Pangdam berharap agar hasilnya nanti dapat terus dirawat agar usia pakainya dapat lebih lama dan semakin bermanfaat.

Sedangkan kepada para prajuritnya yang diterjunkan dalam proses renovasi. Jenderal bintang dua itu berpesan untuk melaksanakan tugas tersebut dengan baik. "Ini pekerjaan yang mulia. Mari kita laksanakan dengan baik agar semuanya mendapat keridhoan," tegasnya.

Sementara itu, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki menjelaskan di jajarannya ada 3 wilayah yang melaksanakan program tersebut.

"Khusus jajaran kami Korem 081 ada 3 Kodim yang melaksanakan. Kodim 0801/Pacitan 177  unit, Kodim 0802/Ponorogo 178 unit, Kodim 0805/Ngawi 177 unit. Jumlah keseluruhannya 532 unit rumah Rutilahu," ungkapnya dalam keterangan pers sesaat setelah mengikuti launching.

"Untuk di Ponorogo, sasaran 178 unit tersebar di 21 kecamatan. Masing-masing kecamatan ada yang mendapatkan 8 sampai 10 unit," tambahnya.

Ditanya target waktu pengerjaan, Pamen TNI AD abituren Akmil 1995 itu mengatakan kurang lebih selama 2 bulan.

"Semoga bisa tepat waktu dan bisa segera dimanfaatkan. Karena secara tidak langsung kegiatan ini dapat membantu masyarakat miskin," ujarnya.

Tak hanya meletakkan pemasangan batu pertama di rumah milik Suwarti yang akan direnovasi melalui program tersebut. Dalam momen pencanangan itu, Danrem bersama Forkopimda juga memberikan Bansosnya kepada masyarakat kurang mampu.(yah)

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki, meletakkan pemasangan batu pertama di rumah milik Suwarti yang akan direnovasi melalui program renovasi Rutilahu serentak di wilayah Jawa TimurDanrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki, meletakkan pemasangan batu pertama di rumah milik Suwarti yang akan direnovasi melalui program renovasi Rutilahu serentak di wilayah Jawa Timur