Semarak, Institut Teknologi dan Bisnis ITB Yadika Pasuruan Gelar Wisuda XXI

Reporter : -
Semarak, Institut Teknologi dan Bisnis ITB Yadika Pasuruan Gelar Wisuda XXI
Sekira 200 Wisudawan Ikuti Wisuda XXI di gedung Auditorium ITB YADIKA Pasuruan y

Pasuruan _ JatimUpdate.id _ Tak kurang dari 200-an wisudawan hadir di gedung Auditorium ITB YADIKA Pasuruan yang megah dan mewah, para Minggu (17/02/2024) pukul 09:00 WIB. 

Tampak para wisudawan ditemani oleh kedua orang tua masing-masing.

Wisuda. Menjadi puncak kesuksesan dari studi panjang nan melelahkan, serta penuh hambatan yang dialami mahasiswa. 

Momen pelantikan wisuda menjadi sesuatu yang sakral. Karena perjuangan suka duka selama kuliah terbayarkan. Hingga tali toga berpindah ke kanan.

Wisudawan berasal dari Fakultas Teknologi dan Informasi dan Fakultas Hukum dan Bisnis di Kampus ITB Yadika Pasuruan. Dan dari beberapa prodi yaitu: sistem dan teknologi informasi, sistem informasi, manajemen dan akuntansi.

Ruang Auditorium ITB Yadika Pasuruan. Kelihatan semarak pagi ini, penuh atmosfer positif.

Karena sedang dihadiri oleh orang-orang yang tengah bahagia: Para wisudawan, orang tua wisudawan, semua pimpinan kampus mulai dari: Pembina Yayasan, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Kaprodi, para dosen, dan seluruh staf civitas akademik kampus ITB Yadika Pasuruan.

Sepertinya hiruk pikuk kepanitiaan dalam mempersiapkan prosesi yang agung: Hajatan wisuda. Pada hari ini bisa berjalan dengan lancar, kelegaan tentu saja menghampiri seluruh tim besar dan tim kecil, juga tentu saja tim hore.

Merasa plong, bisa menyelenggarakan dan menghadiri prosesi wisuda ke-21 Kampus ITB Yadika Pasuruan di Auditorium.

Wajah kelegaan berbalut rasa syukur hampir menyertai semua wisudawan, tamu undangan, dan semua yang hadiri di acara wisuda. Pagi ini.

Dalam prosesi acara. Di awali dengan pembukaan "Rapat Terbuka Senat" lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Kemudian lagu Indonesia Raya beserta lagu mars Yadika.

Berkumandang membahana menggema di seluruh ruangan Auditorium yang megah dan mewah. Penuh magis. Dilanjutkan sambutan Rektor, Pembina Yayasan Yadika. Dan pembacaan SK Kelulusan oleh Wakil Rektor satu.

Prosesi yang dinanti selanjutnya adalah: pelantikan menjadi sarjana. Dan juga pengukuhan wisudawan terbaik.

Bagaimana pun sebuah prestasi harus dihargai. Menjadi lulusan terbaik adalah sebuah mimpi bagi seorang mahasiswa, dan diharapkan menjadi inspirasi bagi wisudawan yang lainnya, agar bisa berprestasi kelak di kehidupan nyata selanjutnya, dunia kerja!

Toga wisuda yang berwarna hitam sudah dikenakan oleh para wisudawan.

Warna hitam melambangkan keagungan. Warna hitam pada toga adalah sebuah misteri yang harus diselesaikan oleh para mahasiswa yang barusan saja diwisuda.

Topi persegi dalam toga yang dikenakan para wisudawan. Diharapkan para wisudawan nantinya bisa berpikir: rasional dan memiliki sudut pandang yang banyak saat dihampiri persoalan di dalam hidupnya kelak.

Dan untuk mengantarkan semuanya itu, mereka para wisudawan hadir di Auditorium di acara wisuda. Pentahbisan dirinya menjadi seorang sarjana yang sujana!

Kemudian makna yang tidak kalah pentingnya dari aksesoris yang dikenakan oleh para wisudawan. Adalah pemindahan tali toga yang dilakukan oleh Rektor Kampus ITB Yadika Pasuruan dari kiri ke kanan.

Ini semua mengandung arti yang sedemikian dalamnya: topi toga ibarat otak yang sudah bertransformasi, dari otak kiri yang berhubungan dengan materi, bahasa, dan juga hafalan.

Ketika diwisuda tali toga dipindah ke kanan. Dengan harapan para wisudawan lebih menggunakan otak kanannya yang berhubungan dengan imajinasi, kreativitas, dan juga inovasi. Bukankah indah maknanya? Pastinya begitu.

Diharapkan para wisudawan terampil dalam menjemput pekerjaan terbaiknya kelak.

Baik saat kerja ikut orang di perusahaan dan di pabrik yang menjadi impian mereka.

Maupun ketika bisa membuka lapangan kerja secara mandiri, buka lapak sendiri. Semua sama-sama baiknya, sama-sama hebatnya.

Jiwa sebagai seorang entrepreneur harus melekat pada diri setiap lulusan dari ITB YADIKA PASURUAN. Baik saat bekerja ikut orang atau punya lapak sendiri. Begitu!

Sekali lagi, selamat teruntuk para wisudawan. Semoga gelarnya berkah ya, dan bisa menjadi orang yang terus mengabdi, melayani, dan berkontribusi untuk masyarakat di negeri tercinta, aamiin yra. (#)

(#) Ditulis oleh: Dr. Agus Andi Subroto, STP., MM. Kaprodi Manajemen, Fakultas Hukum dan Bisnis, ITB Yadika Pasuruan.

Editor : Miftakul Rahman