Pedagang bawang merah di PIOS

Surabaya - Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) menyediakan bawang merah dari berabagi jenis yang didatangkan dari daerah yang berbeda di Jawa Timur.

Salah satu pedagang bawang merah di PIOS, Maksum menjelaskan bawang merah dari satu daerah memiliki karakter dan kualitas yang berbeda.

Ia memberikan contoh bawang merah asal Probolinggo mempunyai perbedaan dengan sayuran yang sering disebut sebagai umbi lapis itu dari Mojokerto dan Nganjuk.

"Kalau bawang merah yang berasal dari Probolinggo biasanya berbentuk lebih besar. Aroma dan rasanya juga lebih kuat. Sementara untuk bawang merah asal Mojokerto dan Nganjuk relatif lebih kecil. Begitu pun dengan aroma dan rasanya juga tidak sekuat bawang merah asal Probolinggo," jelas Maksum, Selasa (9/6/2020).

Pedagang asal Menganti Gresik itu menambahkan dari segi harga juga terdapat perbedaan. Untuk saat ini harga bawang merah yang berasal dari Probolinggo menjadi yang termahal. Untuk harga per kilogramnya dijual dikisaran Rp 47 ribu.

"Karena kualitasnya lebih, wajar jika bawang merah asal Probolinggo lebih mahal dibanding dari daerah lainnya," ujar pedagang yang memiliki lapak di Blok-G PIOS itu.

Meski begitu Maksum menambahkan jika dari segi penjualan baik bawang merah yang berasal dari Probolinggo, Mojokerto maupun Nganjuk tidak jauh berbeda. Hal itu dikarenakan para konsumen tidak terlalu mengetahui perbedaannya.

"Dari segi penjualan sama-sama laku di pasaran. Karena itu saya terima saja pasokan bawang merah dari ketiga daerah tersebut," pungkasnya.

 

Berita Terkait

Berita Terpopuler