Kendalikan Stok dan Harga Bahan Pokok, Pemkab Lamongan Gelar OPM

Reporter : -
Kendalikan Stok dan Harga Bahan Pokok, Pemkab Lamongan Gelar OPM
Keterangan Foto :Gelar OPM di depan Pendopo Lokatantra, Minggu (25/2/2024) ZB

Lamongan, JatimUPdate.id,- Menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok yang terjadi pada akhir-akhir ini, Pemerintah Kabupaten Lamongan jadwalkan kegiatan operasi pasar murah (OPM) di beberapa titik. Selain untuk mengendalikan harga, kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi stok kebutuhan pokok.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat turut dalam kegiatan OPM, di depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan Minggu (25/2/2024) mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan dipastikan akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan pokok dan tentu dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Polres Lamongan Terjunkan 300 Personil untuk Keamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H

"OPM ini pasti membantu masyarakat untuk mendapatkan beras dengan mudah dan tentu dengan harga yang terjangkau," tuturnya.

Ditambahkan, OPM akan terus digelar di beberapa titik. Seperti pada beberapa hari yang lalu digelar di wilayah pantura, sedangkan untuk besok akan digelar di Kecamatan Laren, Sukorame, dan lainnya.

"Untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau secara merata, OPM akan digelar di beberapa titik," ungkapnya.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Anang Taufik, kegiatan OPM kali ini bekerja sama dengan Bulog dan PT Kebun Tebu Mas dengan jumlah 1,5 ton gula kristal dan beras SPHP sebanyak 5 ton.

Baca Juga: Sertifikasi Tanah Wakaf, Bentuk Fasilitasi Negara Untuk Kegiatan Pendidikan dan Keagamaan

"Dalam OPM kali ini kami bekerja sama dengan Bulog dan KTM untuk menyediakan kebutuhan pokok yang sedang naik harga," jelas Anang.

Harga beras pada OPM ialah 51 ribu rupiah/5kg dan gula 15 ribu rupiah. Tentu harga tersebut lebih terjangkau dengan harga di pasar, karena saat ini di pasar harga beras kualitas medium mencapai 15 ribu rupiah hingga 16 ribu rupiah. Begitupun dengan harga gula di pasar mencapai 17 ribu rupiah/kg.

Adanya OPM di Kabupaten Lamongan juga mendapat apresiasi dari masyarakat. Salah satunya Anis (47), warga asli Desa Dandangan Kecamatan Deket ini mengaku terbantu dalam mendapatkan beras dan gula dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: KPK Kembali Usut Korupsi Pembangunan Gedung Kantor Pemerintahan Kabupaten Lamongan

"Alhamdulillah sekarang beras, gula sedang naik harganya. Kalau ada OPM tentu masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan barangnya dan tentu harganya lebih murah," ungkap Anis

Anis berharap agar kegiatan OPM kedepan lebih banyak menyediakan komoditas lain. Seperti telur, minyak, bawang merah, cabai dan lainnya.(ZR)

Keterangan Foto :Gelar OPM di depan Pendopo Lokatantra, Minggu (25/2/2024) ZBKeterangan Foto :Gelar OPM di depan Pendopo Lokatantra, Minggu (25/2/2024) ZB

Editor : Nasirudin