Hari Peduli Sampah Nasional

DLH Bondowoso Ajak Masyarakat Terlibat dan Berperan Dalam Mengurangi Sampah

Reporter : -
DLH Bondowoso Ajak Masyarakat Terlibat dan Berperan Dalam Mengurangi Sampah
Keterangan Foto:- Komunitas Pegiat Lingkungan Bondowoso terlibat aktif membersihkan sampah plastik di alun-alun bondowoso

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bondowoso mengajak masyarakat untuk terlibat dan berperan dalam mengurangi sampah. Kegiatan dilakukan di sekitar Alun-alun Kironggo Bondowoso, Minggu (25/2/2024).

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3, Erfan Rendy Ariwibowo saat dikonfirmasi menjelaskan, pihak Dlh tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah baik itu organik maupun non organik.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri Quota Gas LPG 3 Kg Bondowoso Kembali Ditambah

Dari sisi lain, Erfan menerangkan, dalam upaya mengurangi produksi sampah di Bondowoso, Erfan meminta masyarakat untuk memilah sampah, seperti Plastik, Botol dan lain-lain.

Selain itu, Erfan menerangkan, solusi untuk pengurangan sampah, saat ini telah banyak semisal, Bank sampah, Komunitas dan lain-lain, untuk itu, masyarakat diminta bisa memilah sampah agar penimbunan sampah di Bondowoso setidaknya bisa berkurang.

Diketahui produksi sampah di Kabupaten Bondowoso sebanyak 60 ton setiap harinya, produksi sampah itu didominasi oleh sampah organik dari pasar dan sampah rumah tangga.

Baca Juga: Kodim 0822 Bondowoso Gelar Bazar Murah

"Untuk sampah yang masuk ke TPA itu 60 ton perhari," katanya.

Kita mengajak komunitas untuk ikut andil dalam acara ini, sekalian kita mengajak kepada masyarakat disekitar yang melakukan Car Free Day untuk peduli tentang sampah," ujarnya.

Ditambahkannya, sampah merupakan hal yang menjijikan, akan tetapi jika dinilai dari sisi positifnya, Maka sampah akan menjadi berkah, salah satunya dengan mengolah sampah menjadi bahan kerajinan bahkan bisa dibuat sebagai penunjang kebutuhan kita sehari-hari, semisal, Biopori Gas dan lain-lain.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah Bondowoso Jual Sembako Lebih Murah dari Pasaran

Memasuki bulan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini, sangat tepat dengan banyaknya kolaborasi-kolaborasi dari berbagai Komunitas, sejatinya Kolaborasi itu bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah di Bondowoso. (AR)

Editor : Nasirudin