Catatan Mas AAS

Belajar Manajemen Dari Semut Hitam

Reporter : -
Belajar Manajemen Dari Semut Hitam
Mas AAS

Menyapa pagi yang baru. Dengan menikmatinya. Sedikit menggerakkan tangan, kaki, dan seluruh tubuh ini berlari kecil keliling fasum di perumahan.

Ternyata tidak sendirian banyak pula yang sudah datang di sini. Para penghuni rumah di perumahan. Ingin juga merapikan jalan hidupnya sehari-hari dengan sedikit memberi hak nya tubuh untuk sedikit bergerak, olahraga pagi. Asyik dan menarik saja. Menghirup udara segar pagi.

Baca Juga: Inspirasi Pagi

Setelah menempuh beberapa putaran keliling lapangan. Lalu duduk di sebongkah batu, di pinggir lapangan. Sembari menikmati para penikmat udara pagi di lapangan.

Spontan kedua mata melihat ke bawah, ada banyak semut yang tengah berjalan rapi dan saling menyapa sesamanya, saat berjalan di dedaunan yang berserak. Entah pada mau kemana itu semut-semut nya. Sepertinya sedang bersiap bekerja merayakan semarak hidup pada hari ini.

Tertuju begitu lama melihat gerak-gerik hewan kecil ciptaan Tuhan tersebut. Banyak filosofi hidup yang mesti manusia pelajari dari binatang kecil yang merayap ini jalannya.

Semut memiliki karakter tak kenal putus asa, tekun dan rajin, kuat dan tangguh serta berjiwa sosial. Selain itu, semut juga memiliki sifat dan karakter yang cepat melihat peluang, suka menyapa dan komunikatif serta disiplin. Satu lagi yang bisa dilihat langsung pada pagi ini, semut-semut tersebut sepertinya suka akan kerapian dan keteraturan.

Sebuah perpaduan watak dan karakter yang begitu elegan. Setidaknya fenomena kecil pada pagi ini. Membuat berpikir sedikit serius bagi penulis. Melihat tingkah dan polah hewan kecil ini.

Baca Juga: Kampung Halaman

Entah siapa yang menjadi leader dalam kerumunan semut-semut hitam tersebut. Bagaimana pemimpin itu cara berkomunikasi dan mengelola seluruh anak buahnya yang ribuan jumlahnya. Saiyek saekoproyo gerak senyap begitu rapi berjalan menuju tujuan yang sudah dibuat oleh CEO (Chief Executive Officer) pemimpin tertinggi di komunitas perusahaan para semut tersebut.

Olahraga pagi ini. Selain mendapatkan tubuh yang sehat, segar, meski sejenak berlari kecil putar lapangan beberapa kali. Justeru mendapat sebuah insight bagaimana mengelola organisasi dari seorang pimpinan gerombolan semut pada pagi ini.

Apabila bisa diketahui semut manakah yang menjadi pemimpinya. Menurut penulis sangat tepat pemimpin semut itu mengisi kuliah tamu di berbagai perguruan tinggi di negeri ini, bagaimana membangun sebuah visi, dan bagaimana menjalankan organisasi untuk meraih visi besar tersebut!

Baca Juga: Buku Baru Warisan Baru

Kadang sebagai manusia yang fana dan banyak alpha. Kita layak belajar kepada penghuni alam semesta yang lainnya. Juga pada seekor semut dan teman-temannya!

 

AAS, 27 Februari 2024
Fasum Perumahan Rungkut Asri Barat Surabaya

Editor : Nasirudin