KAI Mulai Buka Pemesanan Tiket Angkutan Lebaran Arus Balik H + 1

Reporter : -
KAI Mulai Buka Pemesanan Tiket Angkutan Lebaran Arus Balik H + 1
Keterangan Foto:- Suasana stasiun kereta api

Surabaya,JatimUPdate.id,- Pemesanan tiket angkutan lebaran untuk arus balik (H+1) sudah dapat dibeli pada Selasa (27/2/2024) melalui aplikasi Access by KAI atau website kai.id, maupun mitra resmi penjualan lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Sementara itu, KAI telah membuka pemesanan tiket angkutan lebaran mulai 15 Februari dengan menerapkan pemesanan tiket H-45 sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Posko Siaga Musim Lebaran BPBD Jatim Telah Berakhir Pukul 24.00 WIB

Manager humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan, pemesanan tiket arus balik lebaran (H+1) mulai bisa dipesan oleh masyarakat pada Selasa (27/2) pukul 00.00 wib untuk keberangkatan pada 12 April 2024, begitu juga dengan seterusnya.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket pada masa angkutan lebaran 2024, harap diperhatikan kembali dan teliti dalam menginput data identitas penumpang, tanggal keberangkatan serta jadwal perjalanan KA, agar tidak ada kekeliruan pemesanan dan keberangkatan nantinya," kata Luqman Arif dalam keterangan siaran pers, Selasa (27/2/2024).

Dia menambahkan, terkait tarif tiket kereta api di periode Angkutan Lebaran, tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA) untuk kereta api yang termasuk dalam KA Komersial. Adapun harga tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO) atau yang mendapat subsidi, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

Baca Juga: Patroli Cipta Kondisi Polres Bondowoso Keliling Kerumah warga

Sementara itu, masih kata Luqman, Pemesanan tiket pada arus mudik lebaran 2024 saat ini telah terpesan sebanyak 49.706 tiket, untuk periode 31 Maret hingga 11 April 2024 atau H-10 hingga H2 lebaran.

Sedangkan kata Luqman, untuk Stasiun dengan pemberangkatan terbanyak terjadi di Stasiun Surabaya Gubeng yang akan melayani 16.065 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 12.163 pelanggan, Stasiun Malang 7.080 pelanggan, dan diikuti stasiun lain di Daop 8 Surabaya.

Pada masa arus mudik tersebut, lanjut Luqman, pemesanan terbanyak terjadi pada tanggal 5 hingga 8 April dengan 28.413 tiket KA jarak jauh telah dipesan oleh Masyarakat. Mayoritas didominasi dengan pelanggan tujuan Semarang, Madiun, Solo, Jember, Banyuwangi, Yogyakarta, Bandung, hingga Jakarta.

Baca Juga: Polres Nganjuk Luncurkan Program Inovatif Bengkel Keliling Gratis Selama Operasi Ketupat Semeru 2024

Untuk KA keberangkatan Daop 8 yang tiketnya terbanyak terpesan adalah KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Sritanjung relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Lempuyangan, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Ketapang, KA Jayabaya relasi Malang - Pasarsenen, serta KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi - Gambir.

“KAI berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa Angkutan Lebaran melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman,” demikian Luqman Arif. (dji)

Editor : Nasirudin