Sri Mulyani

Gaji ke-13 Cair Sebelum Tahun Ajaran Baru

oleh : -
Gaji ke-13 Cair Sebelum Tahun Ajaran Baru
Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA(Jatimupdate.id)-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pensiunan PNS cair sebelum tahun ajaran baru sekolah atau pada Juli 2022.

"Ini kan anak-anak mulai libur minggu depan, tahun ajaran baru sekolah. Sebelum itu biasanya kami cairkan," kata Sri Mulyani di Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta Pusat, kemarin.  
Nantinya, gaji ke-13 akan diberikan kepada PNS, dengan rincian 1,8 juta orang PNS Pusat, 3,7 juta orang PNS daerah, dan 3,3 juta pensiunan. Besarannya diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapat tunjangan kinerja (tukin).
Anggaran yang disiapkan pemerintah untuk gaji ke-13 juga sama seperti THR, yakni untuk PNS, TNI/Polri di pemerintah pusat mencapai Rp 10,3 triliun.
Lalu, lanjut Sri Mulyani, anggaran untuk PNS daerah baik, PNS maupun PPPK, sebesar Rp 15 triliun dari Dana Alokasi Umum (DAU). DAU pun dapat ditambah dari APBN TA 2022 sesuai kemampuan fiskal masing-masing daerah. Anggaran juga disediakan dalam BUN senilai Rp 9 triliun untuk para pensiunan. "Sama seperti THR," jelasnya.
 
 
Sri Mulyani juga menuturkan, pencairan gaji ke-13 PNS pada Juli 2022 berkaitan dengan belanja para tenaga aparatur negara untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya yang bersekolah. "Yang biasanya identik juga dengan kebutuhan-kebutuhan belanja bagi putra-putri dari anak-anak ASN, TNI, Polri," ujarnya. (Yok)