Lokasi Dipindah Ke KPU Bangkalan, Ratusan Pendukung Caleg Kawal Hitung Ulang 31 TPS

Reporter : -
Lokasi Dipindah Ke KPU Bangkalan, Ratusan Pendukung Caleg Kawal Hitung Ulang 31 TPS
Keterangan Foto:- Hitung ulang 31 TPS di Bangkalan.

Bangkalan, JatimUPdate.id,- Pendukung caleg datangi KPU terkait perbedaan hasil suara di tingkat kecamatan oleh PPK.

Kisruh perhitungan suara 31 TPS di Kecamatan Kokop, puluhan pendukung caleg datangi kantor KPU bangkalan, Kamis (29/2/2024). 

Baca Juga: Perolehan Suara Arjuna Fantastis, Cak Ji Klaim Setahun Pesiapan dan Turun ke Bawah

Meskipun Lokasi perhitungan ulang dari kecamatan dipindahkan ke KPU Bangkalan, Ratusan pendukung caleg terus kawal hitung ulang 31 TPS hingga ke KPU.

Puluhan pendukung calon legislatif mendatangi KPU bangkalan saat proses hitung ulang 31 TPS di kantor penyelenggara pemilu tersebut. Hal ini terjadi karena sebelumnya terjadi kekisruhan dalam proses rekapitulasi hasil suara di tingkat kecamatan.

Puluhan pendukung salah satu caleg ini memadati jalanan depan kantor KPU bangkalan namun mereka tidak diperbolehkan memasuki halaman kantor KPU yang dijaga petugas dari polres bangkalan.

Kedatangan mereka bertujuan mengawal hasil suara caleg dukungannya setelah proses rekapitulasi di tingkat ppk kecamatan kokop kabupaten bangkalan terjadi kekisruhan karena adanya perbedaan hasil suara pada saksi tps maupun pada berkas C-hasil untuk perolehan suara DPRD Kabupaten.

Baca Juga: Bawaslu Bondowoso Evaluasi Kegiatan Pengawasan Pemilu 2024

Guna menghindari kekisruhan lebih besar proses perhitungan pun dipindah ke kantor KPU Bangkalan.

Namun rupanya proses perhitungan di kantor KPU ini pun mengalami dead loack antar saksi sehingga akhirnya diputuskan melakukan proses hitung ulang untuk 31 tps desa durjan tersebut yang memiliki daftar pemilih tetap sebanyak delapan ribu suara

Keputusan hitung ulang ini akhirnya mengharuskan pihak ppk dan KPU untuk membuka kotak suara yang ada dengan dihadiri para saksi masingmasing tps

Baca Juga: Agoeng Prasodjo Disebut Sang Pendobrak Kutukan Partai Golkar Surabaya

Namun karena banyaknya tps yang harus dihitung ulang dan diperkirakan bakal berlangsung lama pihak KPU dan bawaslu sepakat untuk membuka dua titik penghitungan ulang yang semua nya ditempatkan di halaman kantor KPU setempat guna mempercepat proses hitung ulang tersebut.

Pihak bawaslu kabupaten bangkalan dan panwascam kecamatan kokop pun melakukan pengawasan langsung dalam proses hitung ulang puluhan tps ini.(AM)

Editor : Nasirudin