Pj. Ketua Dekranasda Jatim Isye Harap Kerjasama IKM Binaan Jatim-NTB Semakin Luas dan Berkembang

Reporter : -
Pj. Ketua Dekranasda Jatim Isye Harap Kerjasama IKM Binaan Jatim-NTB Semakin Luas dan Berkembang
Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Isye Adhy Karyono menghadiri Launching Nusa Tenggara Barat (NTB) Zone di DEKS Space Mall Ciputra World Surabaya, Sabtu (2/3).

Surabaya, JatimUPdate.id,- Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Isye Adhy Karyono menghadiri Launching Nusa Tenggara Barat (NTB) Zone di DEKS Space Mall Ciputra World Surabaya, Sabtu (2/3).

Untuk diketahui, NTB Zone ini merupakan kegiatan Dekranasda Provinsi NTB memfasilitasi produk-produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang menjadi binaannya untuk dipromosikan dan dipamerkan pada galeri desk atau showroom yang bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Pj Sekdaprov Bobby Apresiasi Peran Pilar Sosial Jatim Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dalam sambutannya, Isye mengatakan bahwa kegiatan NTB Zone ini adalah bagian dari sinergi antara Pemerintah dengan Dekranasda, dimana Dekranasda itu sendiri merupakan bagian dari mitra pemerintah dalam membantu pelaku-pelaku IKM mempromosikan dan memasarkan hasil produknya.

“Dekranasda adalah mitra pemerintah yang selalu sinergi dalam program-program pembinaan bagi pelaku usaha. Dengan adanya NTB Zone ini diharapkan kerjasama promosi produk-produk IKM binaan Jatim-NTB semakin meluas dan berkembang,” katanya.

Selain itu, Isye juga menyampaikan bahwa kerjasama antar IKM di Jatim maupun NTB tidak hanya dalam hal promosi, melainkan juga dalam meningkatkan kapasitas IKM itu sendiri melalui pelatihan-pelatihan bersama untuk mempercepat dan memperluas pangsa pasar.

“Saling bertukar ide kreativitas dalam menghasilkan produk dari masing-masing pengrajin NTB maupun Jawa Timur, sehingga membuat kualitas dan kuantitas produk semakin meningkat. Kedepannya kolaborasi peningkatan kapasitas IKM NTB dan Jatim ini akan terus kita modifikasi dan tingkatkan bersama,” tandasnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim: Pada Tahun 2023 11 Indikator Kinerja Utama Pemprov 97,77 Persen Telah Tercapai

Sementara itu, Pj. Ketua Dekranasda Provinsi NTB Lale Prayatni mengatakan terlaksana NTB Zone di Surabaya ini, tidak lepas dari dukungan Pj. Ketua Dekranasda Jatim dan Ketua Dekranasda Jatim periode 2019-2024 Arumi Bachsin serta seluruh pihak-pihak terkait.

“Terima kasih Bu Isye selalu Pj. Ketua Dekranasda Jatim dan khususnya Ibu Arumi telah turut menyediakan tempat buat produk-produk IKM Binaan NTB di Desk Ciputra World Mall untuk dipromosikan dan dipamerkan di Surabaya,” ungkapnya.

“Kita juga nantinya akan sering mengirimkan pelaku-pelaku IKM di NTB untuk bisa belajar dan bertukar informasi serta ide dalam upaya meningkatkan hasil produksi dan juga kualitas produk IKM itu sendiri,” tutupnya.

Baca Juga: Pemprov Jatim Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa Tuban-Bawean

Senada dengan hal tersebut, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak Ketua Dekranasda Jatim periode 2019-2024 mengatakan selain kerjasama yang terus ditingkatkan, tetapi juga yang penting adalah  membantu IKM atau UKM agar terus berkembang dan lebih berdaya saing secara luas dengan membela dan membeli produk hasil mereka.

“Ayo kita bela dan beli produk dalam negeri, karena dari situ kita bisa membantu sesama, mudah-mudahan UMKM dan IKM Indonesia selalu maju dan bangga produk Indonesia,” pungkasnya. (NT)

Editor : Yuris P Hidayat