Ketua PPK Kwanyar Dilaporkan Anggotanya Ke Bawaslu Bangkalan

Reporter : -
Ketua PPK Kwanyar Dilaporkan Anggotanya Ke Bawaslu Bangkalan
Kantor Bawaslu Bangkalan

Bangkalan, JatimUPdate.id,- Anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Kecamatan Kwanyar Husniyah melaporkan ketua PPK nya ke Bawaslu Bangkalan.

Husniyah dengan dianter warga setempat, Minggu (3/3/2024) datang dengan membawa sejumlah berkas D-hasil yang dijadikan sebagai salah satu bukti laporan ke Bawaslu

Baca Juga: Ungkapan Rasa Syukur Pemilu Berjalan Lancar, Bawaslu Bondowoso Bagi Takjil Dan Buka Puasa Bersama

Ia melaporkan dua orang rekan nya sendiri sesama anggota PPK Kwanyar yakni ketua PPK atas nama ismail dan anggota PPK Divisi teknis atas nama nurul mustofa. “ Saya tidak mau ada kecurangan di PPK ,kemudian saya diamkan. Kenapa saya bilang curang karena hasil pleno ketika di input di sirekap hasilnya tidak sama,”.

Husniyah menuding ada tindakan kecurangan sistematis yang dilakukan ketua nya dengan mengubah hasil perhitungan pleno rekapitulasi kecamatan. Perubahan hasil perhitungan suara yang dilakukan mencapai ribuan suara yang dimasukkan ke aplikasi sirekap.

Husniyah pun menceritakan sejumlah kejanggalan yang terjadi mulai saat proses rapat pleno atau rekapitulasi tingkat kecamatan hingga saat proses memasukkan suara ke aplikasi sirekap yang kemudian di-print out menjadi berkas D-hasil.

Husniyah pun dengan terang-terangan menuding ada upaya kecurangan yang dilakukan kedua orang terlapor.

Hal tersebut terbukti adanya perubahan atau perbedaan ribuan suara antara hasil perhitungan pleno rekapitulasi tingkat kecamatan dengan jumlah suara yang dimasukkan ke aplikasi sirekap.

Husniyah mencontohkan suara milik caleg partai nasdem dari lima ribu empat ratus hanya tersisa tujuh ratus suara saja.

Baca Juga: Gempa Tuban Sebabkan Jembatan Suramadu Bergetar

Sebaliknya suara caleg partai gerindra dari delapan ribuan naik drastis menjadi dua belas ribu lebih

Terhadap laporan ini Bawaslu bangkalan pun akan segera melakukan investigasi dan kajian secepatnya guna memperjelas dugaan kecurangan oleh penyelenggara pemilu tersebut

Ahmad Mustain saleh Ketua Bawaslu menganggap hal ini merupakan fenomena baru, anggota PPK melaporkan ketuanya, Pihak bawaslu pun menyatakan laporan tersebut lebih mengarah pada dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu atau pidana pemilu.”Kita nanti akan kaji lagi, laporan sudah diterima sama teman-teman staff, dalam waktu cepat kita kaji.” Jelasnya.

Kekisruhan di tingkat PPK kecamatan kwanyar sebelumnya juga sempat didatangi pendukung partai persatuan pembangunan, caleg ppp sonhaji bahkan sempat emosi dan menggebrak meja saat pertemuan dengan anggota PPK Kwanyar.

Baca Juga: Pj Bupati Jamin Bantuan Ribuan Sembako PHE WMO untuk Korban Banjir Bangkalan Akan Tepat Sasaran

Ia juga menuding terkait berkurangnya suara yang ia peroleh di tingkat desa di dapil enam Bangkalan ini

Melihat emosi caleg ppp tersebut para anggota PPK Kwanyar hanya bisa terdiam tanpa berusaha menyanggah hingga akhirnya ia berhasil ditenangkan aparat kepolisian dan tokoh masyarakat yang ikut datang.(AM)

Editor : Nasirudin