Meugang Akbar Mengawali Ramadhan Tradisi Sultan Iskandar Muda Kini Dilanjutkan Pj Bupati Pidie

Reporter : -
Meugang Akbar Mengawali Ramadhan Tradisi Sultan Iskandar Muda Kini Dilanjutkan Pj Bupati Pidie
Tradisi Meugang Akbar

Sigli, JatimUpdate.id,- Meugang Akbar, merupakan tradisi yang dikembangkan Sultan Iskandar Muda, untuk menghormati kedatangan Bulan Ramadhan. Merupakan upaya menjalankan ajaran Nabi Muhammad SAW, yang hingga kini masih membudaya di Provinsi Aceh.

Menghadapi Ramadhan 1445 H/2024, Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto, berencana akan melaksanakan Meugang Akbar, pada H-2 bulan Ramadhan, di Masjid Agung Al Falah Sigli.

Baca Juga: Penjabat Bupati Pidie dan Sekda Gelar Silaturrahmi dan Buka Puasa Bersama Insan Pers

"Mempelajari Indonesia harus belajar Aceh, belajar Aceh harus belajar Pidie," kata Wahyudi, dalam sebuah sambutannya.

Kalimat itu, kata Wahyudi bukanlah sekedar isapan jempol belaka, melainkan sebuah untaian kata yang memiliki latar belakang sejarah.

"Sebagaimana halnya, tradisi Meugang Akbar, merupakan tradisi untuk menghormati kedatangan bulan suci ramadhan," ujar Wahyudi.

Tradisi itu, kata Wahyudi, merupakan tanggung jawab bersama untuk memeliharanya, dari gempuran degradasi kultural globalisasi. 

"Sehingga dapat tercapai cita cita bersama, mewujudkan Pidie Mulia," ujarnya.

Tradisi Meugang Akbar, menurut Wahyudi, selain wujud syukur atas kedatangan bulan ramadhan, juga merupakan bentuk kepedulian kepada kalangan dhuafa, yang sudah sepantasnya juga turut menyambut Ramadhan dengan riang gembira.

Baca Juga: PJ Bupati Pidie: Atasi Konflik Gajah-Manusia dengan Filosofi Silaturrahim

"Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat Pidie, baik yang ada di Kabupaten Pidie, maupun diluar daerah, untuk bersama - sama memberikan kepeduliannya," ujar Alumni Unej itu.

Dalam menjalan tradisi Meugang Akbar, kata Wahyudi, Pemkab Pidie akan membagikan bantuan berupa 40 ekor sapi, yang akan dibagikan kepada 3000 masyakarat kurang mampu, di 23 Kecamatan se Kabupaten Pidie.

"Pemkab Pidie menyediakan 25 ekor sapi, sedangkan 15 ekor sisanya, diharapkan dari para donatur, yang juga ingin berbagi infaq dan shodaqoh," katanya.

Salah satu donatur yang sudah terkonfirmasi adalah PT SPMT Belawan Sumut (Anak Perusahaan PT Pelindo). PT SPMT ikut berikan donasi untuk kesuksesan acara. 

Baca Juga: Plt Kadinkes Pidie Masuk Islam, Namanya Berganti Jadi dr Mohammad Dwi Wijaya 

Selain itu, juga terdapat 25 donatur lainnya, yang turut mendukung suksesnya acara.

Daftar Donatur Meugang Akbar Daftar Donatur Meugang Akbar

(MR)

Editor : Redaksi