Workshop Penerbangan Aman, Otban Wilayah III Gandeng PWI Jatim

oleh : -
Workshop Penerbangan Aman, Otban Wilayah III Gandeng PWI Jatim
Kantor Otban wilalyah III gelar worksho penerbangan aman bersama PWI Jatim

Jatimupdate.id - Gandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur,  Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah III yang menaungi wilayah Jatim menggelar workshop Penerbangan Aman dan Selamat.

Workshop dihadiri Kepala Otban wilayah III, Mauludin dan Lutfil Hakim Ketua PWI Provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Mauludin menyatakan, ada larangan atau pembatasan landasan bagi pesawat berbadan besar untuk mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoajo.

Larangan tersebut, berlaku bagi pesawat berbadan lebar dengan kapasitas 314 - 452 penumpang. Karena landasan dalam proses perbaikan.

“Memang dibilang larangan, karena kami sedang membatasi beban terhadap landasannya. Jadi landasan yang sedang kami perbaiki dan lakukan perawatan perlu dijaga, sehingga pesawat berbadan besar kami kurangi bebannya,” katanya.

Ia mengaku, pihaknya saat ini sedang fokus menyiapkan pesawat. Jadi pesawat nantinya tidak bisa langsung terbang atau beroperasi kembali setelah berhenti.

Namun, harus melalui  banyak tahapan yang dipersiapkan agar keselamatan penumpang bisa terpenuhi.

“Bahkan, kami juga mengoperasikan bengkel siaga pesawat dengan SOP yang ketat untuk melayani pesawat yang siap terbang lagi setelah sebelumnya berhenti beroperasi sementara,” jelasnya.

Sementara, Lutfil berharap workshop bisa menjadi jembatan antara para wartawan dan pihak Otban 3 Surabaya dalam memahami setiap peristiwa yang terjadi di Bandara, khususnya yang ada di Jawa Timur.

"Kami berharap workshop ini bisa bermanfaat bagi kita semua," ujar Lutfil.