Remas Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso menggelar Pesantren Ramadan 1445 H

Reporter : -
Remas Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso menggelar Pesantren Ramadan 1445 H
Pesantren Ramadhan

Bondowoso, JatimUPdate.id,-Memasuki bulan suci Ramadan 1445 H, atau 2024 M, Remaja Masjid (Remas) Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso menggelar Pesantren Ramadan.

Pada momen tahun ini, adalah yang yang ke-43, dengan mengusung tema ‘Santri Nusantara: Penjaga Tradisi Pelopor Inovasi’, Senin (11/03/2024).

Baca Juga: Pj Gubernur Jawa Timur dan Mantan Gubernur Sholat Idul Fitri Bersama di Masjid Nasional Al Akbar

Salah satu panitia, Ustadz Kamil mengatakan, kegiatan Pesantren Ramadan ini sudah diselenggarakan sejak awal berdirinya Masjid Agung At-Taqwa, dan hingga saat ini sudah berjalan ke-43 kali dengan kata lain sudah hampir setengah abad.

"Tahun ini, Ramadan 1445 H, adalah kegiatan Pesantren Ramadan ke-43 yang kita selenggarakan, jadi setiap Ramadan Remas Masjid At Taqwa Bondowoso mengadakan kegiatan ini," ujarnya.

Ia menyebut, Pondok Ramadan Masjid At-Taqwa Bondowoso ini diisi dengan berbagai materi dari setelah Shubuh, sore hingga malam hari. Peserta disediakan asrama untuk bermalam. Meskipun padat dengan kegiatan, peserta masih diperkenankan untuk membawa alat komunikasi dengan penggunaan di selain jam kegiatan.

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy Ajak Pererat Tali Silaturahmi dengan Saling Memaafkan

Untuk peserta Pesantren Ramadhan terdiri dari kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA, dan juga diikuti oleh para peserta belia usia siswa Sekolah Dasar (SD), bahkan ada beberapa peserta yang turut berpartisipasi dari kalangan mahasiswa dan karyawan kantor.

“Alhamdulillah setiap tahun tidak kurang dari 100 peserta mengikuti kegiatan kami, meskipun target kami adalah siswa SMP dan SMA, banyak dari orang tua yang menitipkan anaknya kepada kami bahkan beberapa juga dari teman-teman mahasiswa dan pekerja sehingga paginya mereka dapat beraktifitas dan kembali sore untuk bermalam,” paparnya.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri Quota Gas LPG 3 Kg Bondowoso Kembali Ditambah

Kegiatan pesantren Ramadan dilangsungkan selama 17 hari dari pendaftaran sebelum masuk bulan Ramadan hingga pertengahan bulan, serta juga disematkan dalam acara adalah Tabarruk kepada Muassis dari Masjid At-Taqwa dan ulama Bondowoso lainnya.

Selain itu, menurut panitia juga dijadwalkan untuk melaksanakan tour ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo sebagai pilihan di tahun ini sebagai pembelajaran sejarah sekaligus mengharap berkah.(AR) 

Editor : Nasirudin