300 UMKM Ikut Bazar Ramadhan Pemkab Bondowoso

Reporter : -
300 UMKM Ikut Bazar Ramadhan Pemkab Bondowoso
Keterangan Foto:- Pj. Sekda Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati membuka bazar Ramadhandi Paseban Alun-alun Kironggo Bondowoso, Rabu (13/3/2024)

Bondowoso, JatimUPdate.id,-Puasa merupakan bulan yang penuh berkah. Berkah itupun didapat lebih sekitar 300 pelaku UMKM, dengan adanya Bazar Ramadhan yang diselenggarakan oleh Pemkab Bondowoso dalam hal ini difasilitasi oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) bekerjasama dengan Paguyuban UMKM Bondowoso.

Pada Rabu sore, 13 Maret 2024 bertepatan pada hari kedua puasa, bazar Ramadan 1445 H resmi dibuka oleh Pemkab Bondowoso, dalam hal ini diwakili oleh Pj. Sekda Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati di Paseban Alun-alun Kironggo Bondowoso.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri Quota Gas LPG 3 Kg Bondowoso Kembali Ditambah

Setelah membuka bazar, Pj Bupati mengunjungi stand para pedagang dan membeli produk yang ada. Ada aneka macam takjil, makanan, kue, bahkan pakaian, juga tersedia di bazar Ramadan tahun ini.

Pj Sekda usai mengunjungi, membeli dan menyapa para pedagang, menyampaikan jika penghasilan para pedagang meningkat dua kali lipat.

"Mereka mengakui jika penghasilannya meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Ini perlu mendapat apresiasi karena mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Bu her, sapaan akrab Pj Sekda, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini juga menerangkan, keterlibatan semua pihak dalam bazar ini, diharapkan menjadi upaya Pemkab salam menekan tingginya inflasi.

"Disini juga ada pasar murah, dimana Bulog menyediakan beras SPHP, sehingga bisa menekan tingginya angka inflasi yang saat ini diakibatkan oleh meningkatnya harga beras dan cabai," tukasnya.

Baca Juga: ICAM Center dan Halal Center KAHMI Jatim Berbagi Berkah Ramadhan Dengan Lansia di Panti Jompo

Melalui bazar ini, haeriyah berharap bisa memberikan keuntungan dan kemudahan bagi masyarakat, utamanya ibu-ibu dan wanita karir yang bisa membeli aneka takjil, dan makanan persiapan berbuka serta untuk sahur.

"Banyak juga ASN yang pulang dari kerja, mereka langsung berbelanja aneka takjil, makanan, dan kebutuhan untuk sahur. Ini tentunya memberikan kemudahan bagi mereka yang sibuk dan belum sempat memasak, selama Ramadan," pungkasnya.

Bazar Ramadan ini diharapkan bisa berdampak positif dalam menggiatkan ekonomi kerakyatan dan pelaku UMKM sehingga mampu menekan tingginya angka inflasi di Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: Kodim 0822 Bondowoso Gelar Bazar Murah

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara Bazar Ramadan 1445 H, Sigit Purnomo yang juga Kepala Diskoperindag Bondowoso menyampaikan, bazar ini menjadi cara Pemkab untuk memberikan ruang kepada pelaku UMKM selama bulan Ramadan untuk berjualan aneka produknya di Alun-alun Raden Bagus Asra.

"Ini menjadi wadah bagi pelaku UMKM, baik kuliner, souvernir, aneka takjil, pakaian dan makanan. Semua ini swadaya dari pelaku UMKM, OPD, BUMN dan BUMD yang ada di Kabupaten Bondowoso," katanya dalam sambutannya.(AR) 

Editor : Nasirudin