Siap Dipanggil KPPU, Lion Air Tegaskan Tidak Melanggar Aturan Harga Tiket Mudik Lebaran

Reporter : -
Siap Dipanggil KPPU, Lion Air Tegaskan Tidak Melanggar Aturan Harga Tiket Mudik Lebaran

Jakarta, JatimUPdate.id,- Pendiri maskapai penerbangan Lion Air Rusdi Kirana menegaskan pihaknya siap dipanggil oleh KPPU jika terbukti ada indikasi kenaikan harga yang tidak wajar. Dia menuturkan, Lion Air Group siap berdialog dengan regulator dan pemangku kepentingan terkait untuk membahas masalah ini.

"Tidak ada masalah jika dipanggil (KPPU). Mungkin kalau nanti ada salah pengertian kita perbaiki, kalau memang betul ada indikasi tersebut," kata Rusdi.

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Catat 182.819 Penumpang Bakal Mudik pada H -2 Hari Raya Idul Fitri

"Siap, kami perbaiki kalau memang betul," ujar pemilik maskapai Lion Air Group Rusdi Kirana di Training Center Lion Group Balaraja, Kabupaten Tangerang, Rabu malam, 20 Maret 2024.

Rusdi buka suara terkait permintaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk menjaga harga tiket pesawat agar tidak melonjak jelang Lebaran 2024.

Lion Air bersama beberapa anak usahanya menjadi beberapa nama yang diminta KPPU untuk menjaga pergerakan harga tiket pesawat selama periode libur Lebaran.

Baca Juga: Kampung Halaman

Adapun, maskapai-maskapai tersebut antara lain PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, PT Nam Air, PT Batik Air, PT Lion Mentari, dan PT Wings Abadi.

Rusdi memaparkan, selama ini pihaknya menetapkan harga tiket pesawat sesuai dengan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) yang berlaku. Dia juga merasa saat ini Lion Air tidak melanggar ketentuan tersebut.

"Nanti akan saya cek lagi, tetapi saya rasa kita tidak ada melanggar itu (TBA dan TBB)," kata Rusdi

Baca Juga: Patroli Udara Rutin Helikopter AS 365 N3+ Memastikan Kelancaran Arus Mudik Banyuwangi-Bali

Rusdi menuturkan, harga tiket yang telah ditetapkan oleh Lion Air ataupun maskapai lain yang tergabung dalam Lion Air Group tidak dapat diubah dalam sekejap. Rusdi menuturkan, harga-harga tiket itu harus dimasukkan ke dalam sistem terlebih dulu sebelum diperjualbelikan.

Menurutnya, pergerakan harga tiket maskapai Lion Air Group saat ini mengikuti periode high season dan low season yang terjadi.(*)

Editor : Nasirudin